Warga Sejahtera Perhutani Jaya

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — BKPH Gondang selalu menjaga komitmen dengan LMDH se wilayah kerja BKPH Gondang.

Berikut paparan Assper/KBKPH Gondang H. Suswanto dan Camat Gondang Mohamad Makhfud, S.Sos.MSi. Diruang kerja Camat (2-10-2018).

banner

“Kami selalu upaya peningkatan kerjasama dengan LMDH, Mulai pembersihan lahan, penanaman bibit, pemeliharaan, pengamanan, penebangan bagi hasil sesuai kesepakatan. Perihal penggarapan lahan luasnya tergantung seberapa luas petak yang bisa dimanfaatkan, dan,seberapa banyak jumlah anggota LMDH. Biasanya, per anggota mendapatkan lahan garapan 0,1 – 0,5 hektar. Dengan jenis tanaman tumpangsari. Namun berkewajiban ikut memelihara, menjaga tanaman pokok Perhutani”,papar Assper Gondang.

Lebih lanjut, Assper senior level KPH Bojonegoro ini, menjelaskan pula bahwa, BKPH Gondang belum mengajukan untuk tanaman Kayu putih, dan masih fokus pada jati menduduki tanaman primadonanya.

Karena masih ada sekitar 77 hektar berupa dataran rendah dimanfaatkan oleh LMDH yang tidak layak ditanami kayu putih bahan minyak angin. Secara geografis luas BKPH Gondang sekitar 45,2 ribu hektar. Dengan potensi hutan produksi dan hutan lindung. 2019, siap mensukseskan reboisasi.

” Sebagai harapan kami ke depan, semaksimal mungkin agar hutan,bisa seperti sedia kala walau butuh waktu, namun masyarakat sejahtera, perhutani Jaya.” lanjutnya.

Beda tipis dengan petani, cuma beda komoditas, dan beda waktu beda resiko. Petani bisa panen 4 bulan sekali, kalau perhutani 40 tahun, itupun belum termasuk resiko hilang dicuri orang atau rusak disebabkan faktor bencana. Tanaman muda banyak yang rusak, tanaman tua banyak yang hilang.

” Kalau perihal kontribusi yakni sudah tercantum pada Perjanjian Kerja Sama (PKS), bidang pengawasan sebagai,stickholder ada shareeng, cuma tidak seberapa”, Imbuhnya.

Selanjutnya Camat Gondang Moh. Makhfud , SE.MSi, menambahkan, bahwa sebagai kepala wilayah gondang, sangat berterima kasih pada perum perhutani, dalam hal ini BKPH Gondang. Karena bisa kerjasama dengan masyarakat dalam hal ini LMDH. Dan disetiap kegiatan selalu mengajak minimal memberi kabar, kalau,secara tehnis perhutani, terus terang kemungkinan luasnya kecamatan Gondang ini. Kalau nggak salah,ada sekitar 72 %, adalah lahan milik perhutani. Oleh karena itu Perhutani Gondang telah banyak membantu untuk.

Kesejahteraan warga dan tidak menutup mata lah, kawasan,dikelilingi hutan, maka sebagai kontribusi atau take and give, kami juga ikut memberikan wawasan pada warga, tentang pentingnya melestarikan hutan. Harapannya sama, yakni masyarakat,sejahtera Perhutani Jaya.

banner