Wajib Menggunakan Map Kuning di Disdukcapil itu Kabar Tidak Benar

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — Dalam kepengurusan setiap dokumen di dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bojonegoro memang dihimbau menggunakan map agar dokumen tertata rapi.

Pemohon dokumen kependudukan seperti KTP, KK, dan Akte bisa menggunakan map darimanapun dan akan selalu dilayani dengan baik oleh petugas Disdukcapil Kabupaten Bojonegoro.

banner

Jika pemohon kebetulan tidak membawa map saat hendak melakukan kepengurusan dokumen, maka pemohon bisa membeli map di lokasi yang dekat dengan kantor catatan sipil, seperti di koperasi.

” Ini lihat ada map warna biru, ada juga kuning, map-nya pun berbeda-beda ada dari koperasi ada dari luar, semua kita terima mana mungkin kita menolak,” Ujar Salah satu pegawai Disdukcapil Kabupaten Bojonegoro Handayani Senin (15/10/2018).

Pihaknya menegaskan, bahwa jika ada yang menyebutkan Disdukcapil mewajibkan pemohon menggunakan map warna kuning dalam setiap kepengurusan dokumen, maka itu kabar tidak benar.

Ia berharap masyarakat tidak mudah percaya dan bisa melakukan kroscek sendiri ke kantor Disdukcapil.

Yani sapaan akrabnya menerangkan, untuk mempermudah dalam mengidentifikasi setiap berkas (KTP, KK, Akte) maka petugas membedakan warna map dari setiap dokumen.

Agar seragam dan rapi, dan tidak mudah tertukar, jadi petugas mengharapkan untuk kepengurusan dokumen map KK warna hijau, surat keterangan pindah warna biru, Akte warna merah, dan KTP warna kuning.

“Kalau pemohon kebetulan kesini tidak bawa map, kita kasih tahu untuk beli dengan warna tersebut, tapi jika terlanjur bawa map warna beda ya tetap kita layani,” Terangnya.

Dari pantauan wartawan lintasbojonegoro.com di kantor Disdukcapil Bojonegoro pada Selasa (15/10/2018) memang tidak ada perlakuan khusus untuk warna map.

Ada pula pemohon yang menggunakan map dari rumah bukan dari koperasi. Mereka juga mendapatkan perlakuan yang baik dari petugas catatan sipil. Selain itu warna map juga tidak menjadi masalah, banyak pemohon KK yang menggunakan map warna biru, ada juga pemohon KTP menggunakan map warna biru.(Ek/Red).

banner