Viral, Polisi Membantu Wanita Melahirkan Di Tengah Hutan Jati

  • Whatsapp

lintasbojonegoro.com – Tugas Polisi tidak hanya memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) demi menegakkan hukum. Namun ada hal-hal yang diluar dugaan, justru membutuhkan kehadiran polisi untuk memberikan pertolongan.

Seperti dialami seorang wanita bernama Astri Sulistyoningsih (32) yang kedapatan melahirkan di pinggir jalan dalam kawasan hutan RPH Sugihan, BKPH Tretes, KPH Bojonegoro turut Dusun Betek Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB, Jumat (6/12/2019). Wanita itu merasa terbantu dengan kehadiran polisi yang melintas tanpa sengaja ketika dia melahirkan buah hatinya.

Muat Lebih

Seperti yang diceritakan oleh Kanit Binmas Polsek Gondang, Ipda BJ Handoko, setelah melaksanakan kegiatan Sapa Pagi di pertigaan Betek, dia bermaksud kembali ke Mako Polsek Gondang untuk melaksanakan apel pagi. Di tengah perjalanan dalam kawasan hutan RPH Sugihan, BKPH Tretes, KPH Bojonegoro turut Dusun Betek Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro yang tidak jauh dari jalan PUK Gondang, ternyata ada seorang wanita sedang melahirkan.

Kemudian Ipda BJ Handoko berhenti dan menghampiri Astri Suistyoningsih. Saat itu posisi kepala bayi sudah keluar dan belum ada pertolongan medis. Yuliono, suami Astri merasa kebingungan melihat istrinya mendadak melahirkan di jalan. Sebenarnya sda warga yang melihat kejadian tersebut namun tidak ada yang berani mengambil tindakan.

Dengan rasa empati demi kemanusian, akhirnya Ipda BJ Handoko mengambil tindakan deskresi untuk membantu melakukan persalinan darura. Kepala bayi tersebut yang sudah keluar dia pegangi sambil menunggu datangnya bidan Puskesmas Kecamatan Gondang yang sudah dihubunginya via phonesel untuk memberikan pertolongan lebih lanjut.

“Saya berusaha memberikan pertolongan darurat agar bayi dan ibunya selamat,” ucap Kanit Binmas.

Masih menurut, Ipda BJ Handoko, bahwa wanita yang melahirkan di jalan hutan bernama Astri Sulistyoningsih (32) warga Dusun Puguhrejo, Desa Gondang Kecamatan, Gondang Bojonegoro.

“Salah satu tugas polisi kan memang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi sudah merupakan kewajiban kami untuk cepat tanggap saat ada kondisi darurat semacam ini,” tutur Ipda BJ Handoko.

Yuliono, suami Astri, menjelaskan, pagi itu dia dia mengantarkan istrinya untuk periksa kandungan ke rumah bidan yang ada di Desa Dodol, Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. Setelah sampai di rumah bidan dianjurkan untuk membawa istrinya ke Puskesmas Gondang karena kemungkinan kandungannya sudah hamil tua.

Di tengah perjalanan menuju ke Puskesmas Gondang, istrinya merasa tidak kuat menahan sakit. Akhirnya dia berhenti dan ternyata istrinya mendadak melahirkan. “Saat bersamaan ada pak polisi melintas, kemudian menolong istri yang melahirkan. Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Polisi yang memberikan pertolongan persalinan pada istri saya,” kata Yuliono.

Saat ini Astri masih dirawat di Puskesmas Kecamatan Gondang. Sedangkan bayinya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Bojonegoro Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo karena lahir dalam kondisi premature. ***

Reporter: Aditya Nugraha
Editor : Kuzaini

Pos terkait