Tumbuhkan Ekosistem Pelapak Online, RTIK Bojonegoro Latih Jual Beli Online

oleh

LintasBojonegoro.com – Menurut data survey yang dihimpun oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), telah merilis bahwa pertumbuhan penetrasi internet sepanjang tahun 2017. Dari total 262 juta jiwa yang ada, sebanyak 143,26 juta jiwa diperkirakan telah menggunakan internet.

Naik 7,9 persen dari tahun 2016 lalu yaitu 132,7 juta jiwa. Tentu angka pertumbuhan pengguna internet bisa jadi akan semakin naik lagi jumlahnya di sepanjang tahun 2018 ini.

Semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia, mendorong terselenggara pelatihan dengan tema “Penguatan Kapasitas UMK (Usaha Mikro Kecil) untuk Optimalisasi dan Digitalisasi Pasar Online” di Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) yang terletak di Desa Ringintunggal, Kec. Gayam Kab. Bojonegoro, Rabu Siang (17/10/2018).

banner

Dalam agenda yang diinsiasi oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan fasilitasi oleh Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Bojonegoro ini, dihadiri oleh sekitar 20-an pelaku usaha dari berbagai macam produk, seperti Makanan, Minuman, Kain Batik, Kerajinan Kayu, dan lain lain.

Peserta dibimbing dengan cara memasarkan produknya lewat aplikasi marketplace yang terinstal di Smartphonya masing-masing dan aplikasi ini sangat familiar bagi penggunaannya serta di ajarkan juga cara pemanfaatan media sosial untuk mengoptimalkan pemasaran.

Diungkapkan oleh Wahyu Sadewo, selaku perwakilan EMCL. Salah satu program, yang didukung oleh ECML ini , yakni di sektor ekonomi bertujuan untuk meningkatkan pemasaran para pelaku usaha terutama dalam trend serba online seperti saat ini. Agar para pelaku usaha semakin berkembang, menjadi lebih inovatif dan kreatif.

“Selama beberapa dekade, Sears menguasai industri ritel Amerika Serikat. Akan tetapi pada akhirnya bangkrut, salah salah satunya karena tidak berinovasi dengan keadaan pasar”, terangnya.

Peserta sangat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang dikemas secara menarik oleh dua orang pemateri. Salah satunya Purnomo seorang penggerak komunitas marketplace di Bojonegoro serta Nova Wijaya selebgram yang lagi NgeHits asal Bojonegoro.

Valen salah satu peserta dan pemilik usaha Jamu Nyemox mengatakan “Kami sangat berterima kasih dengan adanya pelatihan ini, sangat bermanfaat dan mudah-mudahan bisa diadakan lebih luas lagi dengan melibatkan pemilik usaha yang lainya”, ungkap Valen.

banner