Tersangka Pencurian BPKB Sudah ditahan Oleh Kejaksaan Negeri Bojonegoro

  • Whatsapp

Bojonegoro, – Kejaksaan Negeri Bojonegoro telah menahan tersangka kasus pencurian Buku Pemilk Kendaraan Bermotor (BPKB) roda empat Ayu Bulan Purnamasari (32) warga ledok Kulon Kecamatan Kota Kabupaten Bojonegoro. BPKB tersebut diketahui jenis KIA Carens 2006 B 1324 DL atas nama Feby Milla Ariana.

.”Tersangka warga Kelurahan Ledok Kulon Kecamatan Bojonegoro Kota, sebelumnya telah menjadi tahanan kami dan sekarang sudah jadi tahanan kejaksaan. Berkasnya sudah P21,” kata Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Rifaldhy Hangga Putra, Jumat (08/05/2020).

Menurut Kasat Reskrim, pelaku ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan pencurian BPKB atas nama Feby Milla Ariana, mantan istri Bibit Supriyanto (mantan suami Ayu Bulan Purnamasari). Dalam laporan Feby menyebutkan Ayu Bulan diduga telah melakukan pencurian BPKB mobil atas nama Feby yang dititipkan pada Bibit Supriyanto.”Tersangkanya hanya ada satu dan belum ada pengembangan kasus,” tegasnya.

Tersangka dijerat dengan Pasal 362 dan 367 KHUP, tentang pencurian oleh penyidik Polres Bojonegoro.

Diketahui dalam proses pemeriksaan, tersangka mengakui keberadaan BPKB, saat masih menjalani kehidupan rumah tangga dengan Bibit Supriyanto. Namun BPKB tersebut dipinjam oleh Iis Sulistyowati, teman tersangka, untuk dijadikan agunan pinjam uang. Ketika BPKB diminta kembali oleh tersangka, dikatakan Iis Sulistyowati bahwa BPKB tersebut telah hilang.

Dengan dalil bahwa BPKB yang menjadi obyek perkara, bahwa selama ini diketahui tersangka milik suaminya Bibit Supriyanto, yang disimpan dalam box bersama surat-surat lainnya. Dengan demikian BPKB yang dalam kekuasaan Bibit Supriyanto adalah milik sah Bibit Supriyanto dan menjadi barang keluarga.

Dari perbuatan tersangka, bentuk kejahatan di KUHP. Yakni tindak pidana pencurian yang secara khusus diatur dalam Bab XXII Pasal 362 dan 367 KUHP. Mengenai tindak pidana pencurian, berbunyi barangsiapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagaian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

“Pantas dihukum sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan pengakuan tersangka hanya untuk membela diri, jelas tersangka yang betul betul mencuri BPKB tersebut,” kata Bibit Supriyanto.

Karena BPKB nya dicuri tersangka, akhirnya Feby Milla Ardiana melaporkan ke polisi pada 09 Maret 2020.

  • Whatsapp

Pos terkait