Ternyata Selain Buton Gondang Menyimpan Panorama Alam Yang Luar Biasa

oleh
Desa Pragelan Bergeliat

LintasBojonegoro.com – Pragelan, sebuah Desa yang terletak paling ujung Barat Kec. Gondang Kab. Bojonegoro. Desa ini berbatasan langsung dengan Desa Deling Kec. Sekar yang memiliki wisata rintisan Atas Angin. Desa Pragelan terdiri dari 5 dusun yakni Dusun Krajan, Dusun Bluru, Dusun Tretes, Dusun Bladogan, dan Dusun Randupitu.

Desa Pragelan memiliki keindahan alam yang menyejukkan mata salah satunya dua gunung yang berdiri tegak berhadap-hadapan. Dua gunung yang mirip gerbang kerajaan besar dan pada bulan-bulan tertentu matahari akan muncul dari celah dua gunung tersebut. Saat itulah spot yang paling indah untuk fotografi dan gunung tersebut adalah Gunung lawang dan Gunung kendil.

Melihat potensi Desa yang luar biasa untuk dikembangkan, Pemerintah Desa tak tinggal diam mengajak para pemuda Desa untuk berbenah. Gayung bersambut, Kepala Desa Pragelan Marji yang baru dilantik sekitar setahun lalu memiliki harapan besar kepada pemuda Desa untuk bergerak.

“Pemerintah Desa akan memfasilitasi agar pemuda Desa bergerak membangun Desa. Saya mendukung sepenuhnya jika suatu saat potensi alam di Desa ini dikembangkan untuk destinasi wisata baru yang unik dan sepertinya belum ada di daerah lain,” ungkap Marji.

Di Desa Pragelan kini sudah rampung dibangun embung di lahan milik Desa dekat Gunung Kendil yang menambah panorama keindahan alam pegunungan. Rencananya akan dikembangkan lebih luas agar embung tersebut terkoneksi dengan Gunung Kendil dan Gunung Lawang menjadi kesatuan wisata alam yang unik. Selain fungsi mendukung wisata rintisan embung tersebut juga difungsikan untuk irigasi pertanian saat musim kemarau.