Tanaman Hidroponik Untuk Edukasi Siswa SMP Negeri 2 Bojonegoro

  • Whatsapp

Di atas rooftop lantai 3 gedung SMP Negeri 2 Bojonegoro itu kini terlihat hijau oleh berbagai macam tanaman sayuran. Tanaman tersebut dibudidayakan dengan sistem hidroponik sebagai sarana edukasi para siswa.

Meski dengan lahan yang terbatas, Kepala  SMP Negeri 2 Bojonegoro Drs. H. Muslim, M.M memiliki ide yang cemerlang. Melihat lahan diatas atap yang kosong, tergerak untuk memanfaatkannya sebagai sarana edukasi di lingkungan sekolah.

Tanaman hidroponik memang merupakan solusi berkebun dengan memanfaatkan lahan sempit. ” Lahan di SMP Negeri 2 ini sangat terbatas, jadi pemanfaatan lahan ini bisa kita jadikan sarana edukasi bagi para siswa, ” Kata Kepala Sekolah Drs. Muslim, M. M.

Sayangnya saat ini masih dalam massa Pandemi COVID-19, dan pembelajaran masih melalui Daring. Sehingga siswa belum bisa ikut belajar menanam sayuran dengan sistem Hidroponik di lingkungan sekolah.

Nanti untuk penanaman dan perawatan akan diserahkan kepada para siswa, dimana setiap siswa akan diberikan tanggung jawab satu tanaman.

Sayuran hidroponik sendiri sudah dapat dipanen setelah usia 30 hari, setelah panen sayuran akan ditawarkan kepada wali murid agar membeli karya dari anak-anak nya sendiri.

” Kita sampaikan hasil pembelajaran ini ke wali murid, dan apresiasinya mereka bisa membeli hasil panen tersebut, ” Imbuh Kepala Sekolah.

Adapun jenis sayuran yang saat ini tengah ditanam oleh pihak sekolah adalah Sawi, Slada, bayam Brazil dan Pagoda.
Muslim  berharap ilmu menanam dengan sistem hidroponik nantinya dapat diterapkan pula dalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa.

” Ilmu ini sangat bermanfaat dan bisa diterapkan oleh para siswa. ” Pungkasnya.

Adanya tanaman hidroponik ini menambah kesan hijau dan asri di lingkungan SMP Negeri 2 Bojonegoro. Dimana sekolah ini sudah mampu menjadi sekolah Adiwiyata hingga tingkat provinsi.

  • Whatsapp

Pos terkait