Tak Dapat Jabatan AKD Tiga Fraksi ‘Ngambek’

oleh -291 views

Lintasbojonegoro.com — Usaha lobi untuk menentukan jabatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) antar pimpinan fraksi di DPRD Bojonegoro berjalan alot. Akhirnya 3 fraksi memilih untuk keluar dari sidang paripurna karena memprediksi tidak akan mendapatkan satupun jabatan di AKD pada selasa (24/09/2019).

Tiga fraksi tersebut diantaranya, Fraksi PAN Nurani rakyat Indonesia Sejahtera, Fraksi PPP, dan Fraksi Nasdem Perindo PKPI Garuda. Ketiganya mengaku menemui jalan buntu terkait musyawarah penentuan pimpinan di AKD.

banner

Dari total 8 fraksi, jabatan pimpinan AKD akan disapu bersih oleh 5 fraksi, sementara 3 fraksi diatas tidak mendapatkan posisi pimpinan di AKD.

Ada 6 jabatan pimpinan AKD yang diperebutkan, diantaranya adalah Pimpinan Badan Kehormatan (BK), pimpinan Bapemperda, dan Pimpinan Komisi A,B,C dan D.

Ketua Fraksi PAN Nurani Rakyat Indonesia Sejahtera Suyuti mengatakan, pihaknya menyarankan agar adanya jalan musyawarah untuk menentukan posisi pimpinan AKD.

Ketika usulanya tidak diakomodir lagi, selanjutnya fraksi yang dipimpin olehnya memilih untuk keluar dari sidang Paripurna.
” Kita usahakan musyawarah dulu agar tidak terjadi voting, tapi ternyata sudah tidak bisa diajak komunikasi lagi,” Ujarnya.

Hal senada diungkapkan Choirul Anam selaku Ketua Fraksi PPP, yang turut menyayangkan tidak pernah diajak komunikasi dalam penentuan jabatan di AKD.

” Harusnya kita diajak komunikasi sehingga tidak ada kesan ketiga fraksi ini ditinggalkan,” Jelas Choirul Anam.

Meski diwarnai dengan aksi ‘walk out’ sidang paripurna tetap berjalan dengan lancar dan pembentukan AKD tetap terlaksana dengan baik.