Suara Untuk Persibo Jadi Rebutan, Suporter Pilih Siapa?

oleh

Oleh : Piping Dian Permadi

Masih menjadi perhatian masyarakat pecinta bola di Bojonegoro, siapa pemimpin daerah yang siap memperjuangkan Persibo Bojonegoro hingga berjaya di persepakbolaan nasional seperti dahulu.

Dalam setiap obrolan warung kopi, maupun jagat dunia maya, para pecinta bola menaruh harapan besar pada momentum pilkada 2018 ini untuk memiliki pemimpin yang peduli pada club Persibo.

Meski begitu, para suporter maupun simpatisan club kebanggaan kota ledre itu sebenarnya tidak ingin urusan Persibo dibawa ke ranah politik praktis.

Mereka khawatir para calon hanya menebar janji manis saat pilkada, namun absen membela Persibo saat menjabat sebagai Bupati.

Jumlah suporter Persibo yang cukup besar dan fanatisme yang tidak diragukan lagi membuat pertarungan politik memperebutkan suara para suporter Persibo menjadi menarik.

Mengambil start awal, untuk merebut hati para suporter telah dilakukan oleh calon wakil Bupati Bojonegoro Pudji Dewanto SH. Sejak memperkenalkan diri sebagai cabup, kang PD telah menunjukkan kepeduliannya terhadap Persibo.

Setiap pertandingan Persibo, Kang PD tak pernah absen duduk di bangku penonton untuk mendukung tim kesayangan masyarakat Bojonegoro tersebut.

Hal itu terus dilakukan setelah resmi berpasangan dengan Drs. H Basuki sebagai calon bupati dan wakil bupati Bojonegoro 2018 (Basudewa).

Puncaknya, janji mendukung club Persibo Bojonegoro diwujudkan dengan langkah konkrit menjadi sponsor (penyandang dana) bagi club yang kesulitan finansial tersebut.

Bonanos yang dinahkodai oleh Isteri kang PD bekerjasama dengan manajemen untuk support pendanaan club.

Janji mendukung penuh Persibo juga disampaikan oleh Paslon nomor 3 Anna Muawanah dan Budi Irawanto.

Juru bicara Paslon tersebut Abdullah Umar yang merupakan CEO Persibo berulangkali menyampaikan perjuangannya untuk Persibo.

Umar mengaku, selama memperjuangkan Persibo agar kembali menjadi anggota PSSI sering mendapatkan bantuan dari Anna Muawanah.

Melalui komunikasi dengan Menpora Imam Nahrawi yang berasal dari partai PKB, sehingga lebih mudah.

Kata Umar, jika Bu Anna terpilih menjadi Bupati, Dia akan mendukung penuh perkembangan Persibo. Mencarikan akses penuh untuk bantuan finansial club melalui jalur-jalur resmi.

Semetara Paslon nomor urut 1 Soehadi Moeljono dan Mitroatin (Mulyoatine), mencoba cara berbeda untuk meraih hati para suporter.

Pada kampanye akbar, Mulyoatine mencoba menggelar pertandingan Bojonegoro all star yang notabene diisi oleh para mantan pemain Persibo melawan Lamongan All Star.

Ribuan suporter yang rindu dengan para mantan pemain Persibo memadati stadion pada kampanye akbar tersebut.

Pak Mul dan Bu Mit ingin menyampaikan pesan kepedulian mereka terhadap olahraga sepakbola, kepada masyarakat pecinta bola di Bojonegoro.

Sedangkan untuk Paslon nomor urut 2 Mahfudhoh Suyoto dan Kuswiyanto (MK), hingga saat ini belum memberikan perhatian khusus pada club Persibo dalam setiap kampanyenya.

Meski berbeda-beda cara, para Paslon ini memiliki tujuan yang sama untuk menarik simpati pecinta bola di Bojonegoro.

Baik menggunakan janji, maupun langkah konkrit, masyarakat yang akan menilai.