SMPN 5 Bojonegoro Kelola Dana Sumbangan Siswa 800 Juta Per Tahun

oleh -222 views

Limtasbojonegoro.com — Kebijakan Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Bojonegoro bersama komite untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah ternyata memerlukan biaya yang tidak murah. Dengan rancangan program dari sekolah, yang kemudian disampaikan ke Komite, akhirnya setiap tahunya sekolah mendapatkan sumbangan rutin kurang lebih Rp. 800 juta dari wali murid siswa.

Sumbangan tersebut diklaim oleh pihak sekolah sudah sesuai aturan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah. ” Sumbangan itu sudah sesuai Permendikbud 75 tahun 2016,” Kata Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Bojonegoro Drs. H Ufar Ismail Rabu (24/07/2019).

banner

Dari jumlah keseluruhan siswa kelas VII,Vlll & lX, kurang lebih 900 anak, sekolah bersama komite bisa mengantongi sumbangan sekitar Rp. 800 juta per tahun.

Dana tersebut kemudian dikelola sekolah, untuk biaya kegiatan program pembelajaran, maupun pembangunan fisik di lingkungan sekolah.

Ufar menjelaskan, besarnya biaya sumbangan setiap siswa berbeda-beda tergantung kesedian dan kemampuan masing-masing siswa.

” Ada yang 20 ribu, 25 ribu, 100 ribu, bahkan lebih, besarannya bervariasi,” Terang Ufar.

Bahkan kata Ufar, bagi wali murid yang tidak menyumbang juga diperkenankan, sesuai keikhlasan masing-masing.

Di SMPN 5 Bojonegoro program sumbangan dari wali murid siswa baru berjalan saru tahun. Menurutnya program ini sudha wajar karena di sekolah lain, seperti SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP model Terpadu juga melakukan hal yang sama.

Mekanisme pembayaran sumbangan dilakukan setiap bulan sekali oleh siswa. ” Dana yang terkumpul dimasukkan ke dalam rekening bersama sekolah dan komite. Mengambilnya juga harus bersama.” pungkas kepala sekolah.

Selain dana sumbangan, SMP Negeri 5 Bojonegoro juga mendapatkan dana BOS sebesar-besarnya kurnag lebih Rp. 900 juta setiap tahunya.