Sinergi Perum Perhutani Dengan Warga Desa Pragelan

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com – Sebagai upaya mewujudkan program,Hutanku Lestari kembali, maka Resort Pemangkuan hutan Pragelan utara, menjalin kerjasama dengan warga,desa Pragelan kecamatan Gondang.

KRPH Pragelan utara, Jayadi, SH. Dampingi Polhuter Sutrisno dan Sudarko, kepada lintasbojonegoro.com, menjelaskan, bahwa upaya kerjasama dengan desa dalam hal ini LMDH , Adalah kerjasama saling menguntungkan, yakni Perhutani bisa menghutankan kembali, masyarakat bisa menikmati dari kerja sama tadi, hasil dibagi, 45 prosen perhutani 55 prosen LMDH, perhitungan perhutani penyedia lahan LMDH yang menanami dan merawat , terjadilah kesepakatan bersama.”timbul inspirasi ini secara kebetulan Pas kami (KRPH), baru pindah disini dan,Pak Kades juga masih kinyis kinyis bar dilantik. Semua berpikir demi sukses bersama dan tidak sampai ada gesekan. Maka merenovasi dan me-regenasi LMDH, jadilah sepakat sama sama menghadap di KPH/Bapak,Administrator. Alhamdulillah deal, dan sekarang Harmonis untuk sama sama menjaga hutan, masyarakat bisa sejahtera dari tanaman tumpangsari Jagung dan kacang, mendatang dengan tanaman porang, sehingga 3 tahun lagi panen sengone panen juga porang dan jagung. Senadjan jagunge rodo arang arang”, kata KRPH Pragelan Utara, Jayadi, SH.

banner

Selanjutnya kades,Pragelan MARJI, merasa berterima kasih atas sinergy jalinan PKS (Perjanjian Kerja Sama), ini. Bahkan program penanaman sengon solomon, ditinjau langsung oleh Pak Administrator, pak waka Adm, pak,Asper,serta dari Polda Jatim, pak,Kombes Pol. Ervan.”hal kerja sama ini kami tempuh, guna memenuhi untuk sebagian hajat warga yakni dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, dengan tidak merusak hutan dan lingkungan. Dalam arti semakin berjalannya waktu, masyarakat juga,sadar arti pentingnya,adanya hutan, utamanya kebutuhan oksigen untuk makhluq hidup. Manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan. Karena diawali rusaknya lingkungan berdampak rusaknya alam, alias tersurat dalam lagunya pak haji,Rhoma Irama, judulnya MALAPETAKA.

Kepala Humas KPH Bojonegoro, Markum, membenarkan,adanya kerjasama antara perum perhutani dengan,LMDH Bojonegoro hampir semua sudah terinventarisir.**(Ek/Red)

banner