Si MOKOS dari TNI Untuk Menambah Wawasan Generasi Bangsa

oleh

LintasBojonegoro.com – Tentara Nasional Indonesia merupakan garda terdepan bangsa dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI baik itu di masa damai ataupun masa perang. Dengan tugas pokok itulah TNI di masa damai memperkuat sendi pertahanan negara yaitu dengan pembinaan generasi muda bangsa Indonesia sejak dini.

Dengan doktrin 8 wajib TNI, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit, maka dapat disimpulkan bahwa hal tersebut adalah mutlak dilaksanakan bagi seluruh jajaran TNI untuk rakyat Indonesia, tidak terkecuali bagi generasi muda usia pelajar. Inilah yang menjadikan dasar kecintaan TNI kepada rakyat Indonesia.

Guna mewujudkan kecintaan kepada rakyat, Kodam V Brawijaya mempersembahkan SI MOKOS (Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial) yang merupakan perpustakaan keliling yang dapat menjangkau wilayah-wilayah di seluruh Jawa Timur. Si Mokos inipun juga hadir di Kodim 0813 Bojonegoro dalam agendanya yaitu menyambangi wilayah koramil-koramil.

banner

Danramil 0813-08 Kedungadem Kapten Kav Lastiyok mengatakan, saat ini Si Mokos sedang melaksanakan tugasnya di Kecamatan Kedungadem wilayah Koramil 0813 dengan mengunjungi sekolah-sekolah setempat, Rabu (17/01).

Pada kesempatan yang ada Si Mokos mengunjungi MI Nurul Islamiyah Desa Mlideg dan disambut dengan meriah oleh siswa-siswi serta para guru pengajar. “Sambutan yang meriah selalu ada untuk Si Mokos, hal ini menunjukkan besarnya antusias para pelajar dalam menumbuhkan minat membaca,” lanjut Danramil.

Danramil menambahkan, setelah sampai dan dibuka Si Mokos langsung diserbu para siswa-siswi yang ingin membaca buku-buku. “Melihat keceriaan dan semangat mereka dalam membaca adalah harapan besar bagi TNI dalam meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda bangsa Indonesia, semoga kelak mereka inilah yang akan melanjutkan roda perjuangan bangsa dan juga mempertahankan keutuhan serta kedaulatan NKRI,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah MI Nurul Islamiyah Hariyanto Spd. I, mengungkapkan kebahagiaannya karena lembaga pendidikan yang dipimpinnya mendapatkan kunjungan dari Si Mokos.

“Dengan adanya Si Mokos ini adalah salah satu terobosan penting dari TNI dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, yaitu meningkatkan minat membaca generasi muda terutama mereka yang berusia pelajar,” ujarnya.

“Kami berharap agar kedepan Si Mokos ini bisa dimiliki oleh masing-masing Koramil jajaran Kodam V Brawijaya, dan juga ada penambahan jumlah buku-buku yang dibawa.

Melihat besarnya animo 120 orang siswa-siswi MI Nurul Islamiyah ini, semoga Pemkab dalam hal ini Dinas terkait dapat memperkuat sinergitas dengan TNI dalam program Si Mokos guna menciptakan Keunggulan Generasi Bangsa Indonesia yang nantinya akan bersaing di era pasar bebas,” tutup Hariyanto.

Dengan adanya Si Mokos semoga mampu menjadikan manfaat dan motivasi bagi generasi muda untuk menambah wawasan pengetahuan melalui membaca. Bersama TNI Rakyat Cerdas, Bersama Rakyat TNI Kuat. (Ping)

banner