Sebanyak 4.365 Siswa PSHT Disahkan Menjadi Warga PSHT

oleh

Bojonegoro – Sebanyak 4.365 siswa baru perguruan pencak silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) di Bojonegoro akan disahkan menjadi warga PSHT dalam ritual keceran di bulan yang agung bagi orang Jawa, yakni di bulan Suro. Menurut Ketua Cabang PSHT Bojonegoro, Wahyu Soebakdiono, SH, ritual pengesahan akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 23 hingga 28 September 2018, bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Dabonsia, Ngumpakdalem, Dander.

“Pengesahan dilakukan secara bertahap selama enam hari di satu tempat, demi kelancaran dan keamanan sesuai hasil koordinasi dengan Pak Kapolres Bojonegoro,” kata Wahyu Soebakdiono saat ditemui lintasbojonegoro.com di sekretariat PSHT Bojonegoro.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan selama pengesahan warga PSHT pihaknya mengerahkan tim keamanan Paspanther dari internal PSHT sebanyak 180 personil, serta dibackup keamanan dari Polres dan Kodim Bojonegoro. Dia telah memerintahkan kepada seluruh pengurus ranting PSHT untuk menggunakan kendaraan tertutup ketika memberangkatkan siswanya ke GOR Dabonsa yang dijadikan tempat pusat pengesahan.

banner

“Rombongan dari masing-masing Ranting PSHT dikawal petugas dari Polsek setempat sesuai hasil koordinasi dengan Polres Bojonegoro. Sedangkan warga yang berangkat mengukuti pengesajan menggunakan motor kami mohon menjaga ketertiban dan keamanan di jalan,” tutur pria yang akrab dipanggil Mas Wahyu ini.

Mas Wahyu mengungkapkan, pada tepat pukul 17:00 WIB seluruh siswa baru PSHT yang akan disahkan harus sudah berada di dalam GOR. Kemudian pada pukul 20.00 WIB digelar acara selamatan, dan pukul 00.00 dilanjutkan rutual pengesahan siswa menjadi warga PSHT. Dia menambahkan, siswa PSHT yang akan disahkan menjadi warga terdiri dari siswa putri sekitar 300 orang dan siswa putra 4.065.

“Alhamdulillah prosesi pengesahan siswa PSHT menjadi warga PSHT tahap pertama tahun ini berjalan lancar dan aman,” kata seorang warga baru PSHT dari Ranting Kapas kepada lintasbojonegoro.com. (Kang Zen)

banner