Puluhan Warga Desa Jelu — Ngasem Demo PT Meindo

oleh

Lintasbojonegoro.com- Puluhan tokoh masyarakat dan pemuda Desa Jelu, Bareng, Jampet dan Tengger Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
melakukan aksi damai di sekitar titik area proyek pengerjaan pengembangan Lapangan Kedung Keris (KDK) di Desa Jelu, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Jum’at (18/1/2019).

Massa menuntut transparansi dari proses lelang proyek yang dilakukan oleh Maincont Exxon Mobil Cepu Limited, PT.MEINDO ELANG INDAH (Meindo) dalam proyek pemasangan pipa minyak Lapangan Minyak Kedung Keris (KDK), pada lelang yang dimulai bulan Oktober 2018 hingga 13 Januari 2019 lalu.

“Pada hari Selasa 15 Januari 2019 kemarin, kami sudah menyampaikan rasa kekecewaan kami terhadap hasil lelang tersebut dikantor MEINDO, Namun dari pihak managemen MEINDO tidak ada satupun yang menemui,” ujar Koordinator Aksi yg juga ketua BUM Desa Jelu.

banner

Kemudian, lanjut dia, pihaknya memberi waktu sampai tgl 16 Januari untuk memberi jawaban atau tanggapan atas bentuk kekecewaan pihak masyarakat. Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, pihak MEINDO tak kunjung memberikan respons.
“Sehingga aksi ini kami lakukan,” imbuhnya.

Selain menuntut kejelasan proses lelang, massa juga menuntut MEINDO untuk memberikan Pengerjaan Pipa yang melewati Desa Jelu, Jampet, Bareng dan Tengger untuk dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di wilayah tersebut.

“BUM Desa Jelu dan Tengger telah bekerja sama dengan PT. Adhi Raya Contruction, Perusahaan yang secara Klasifikasi dan company Profile nya sangat mumpuni dan mampu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik” ujar pria yang juga Ketua BUMDes Jelu ini.
Dia berharap pengerjaan proyek ini dapat melibatkan BUM Desa. Sehingga dapat berdampak langsung maupun tidak langsung yang dapat dirasakan oleh warga sekitar.

“Jadi tidak hanya segelintir saja,” tuturnya.
Koordinator aksi menegaskan jika tuntutan ini tidak dapat diakomodir, pihaknya menegaskan akan kembali melakukan aksi.