PT SER Akhirnya Bayar Commitment Fee USD 150.000 ke PT ADS

oleh

Lintasbojonegoro.com – Commitment fee sebesar USD 50.000 per tahun yang dijanjikan oleh PT SER kepada PT ADS sempat mengalami keterlambatan pembayaran selama dua tahun.
Akibatnya PT ADS tidak memberikan pemasukan PAD ke pemkab Bojonegoro pada tahun 2014 dan 2017.

Padahal dalam kontrak kerjasama permodalan antara BUMD PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) dengan PT Surya Energi Raya (SER), Commitment Fee tersebut wajib diberikan oleh PT SER selama PT ADS belum mendapatkan keuntungan dari perticipating interest (PI) blok Cepu.

Akhirnya memasuki kwartal kedua tahun 2018, PT SER langsung melunasi tunggakan Commitment Fee sebesar USD 150.000 untuk tiga tahun sekaligus (2014, 2017, 2018).

” Baru bulan Mei kemarin PT SER akhirnya membayar Commitment Fee tersebut,” Ujar Kepala bidang perimbangan Badan pendapatan daerah Anang.

Kata Anang, PT SER juga melayangkan surat yang isinya meminta pembayaran Commitment Fee pada tahun 2016 dicatat sebagai pembayaran tunggakan pada tahun 2014.

Tapi dalam nota keuangan Bapenda, telah tercatat pembayaran Commitment fee pada tahun 2016, sehingga pembayaran tertunggak tetap pada tahun 2014.

” Tahun 2016 dulu kita kan tidak tahu, baru ini ada surat pemberitahuan,”Jelasnya.

PT SER beralasan keterlambatan pembayaran tersebut dikarenakan pihaknya sendiri belum mendapatkan keuntungan sama sekali dari permodalan PI tersebut.

Sementara cash call yang harus dikeluarkan oleh PT SER belum juga berakhir. ” Mereka beralasan belum untung, tapi karena sudah ada dalam perjanjian tetap kita tagih,”imbuhnya.

Dengan naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah saat ini, sebenarnya lebih menguntungkan bagi pendapatan daerah. Karena di perjanjian, Commitment fee dibayarkan dalam bentuk dolar dan jika dirupiahkan sebesar Rp. 2.102.929.900. (Bud/Red).