Ponpes Modern Ar-Rahmad Ajari Siswa-Santri Ikhlas Berqurban Di Hari Raya Idul Adha

oleh

lintasbojonegoro.com – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Yayasan Pondok Pesantren Modern Ar Rahmat, Bojonegoro mengadakan penyembelihan hewan qurban 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Para santri juga ambil bagian dalam proses penyembelihan hingga pembagian daging qurban.

“Tradisi berqurban dengan melibatkan santri sudah berjalan sejak lama. Kegiatan ini sudah termasuk bagian dari proses pembelajaran para santri untuk belajar keikhlasan dan kepedulian terhadap sesama,” tutur ustadz Zain selaku Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Pondok Pesantren Modern Ar Rahmat Bojonegoro.

Pada hari Raya Idul Adha tahun ini pembagian daging qurban dilaksanakan di Dusun Kalitengah Desa Wedoro, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. Para warga sangat antusias dengan kegiatan pembagian daging qurban ini, terlebih yang membagikan adalah para santri. Pembagian daging hewan qurban ini melibatkan santri yang dibimbing oleh koordinator panitia pelaksanaan hari Raya Idul Adha dan Waka Kesiswaan SMP Plus Ar Rahmat Bojonegoro, Widiyatmiko.

banner

Kepala Dusun Kalitengah Desa Wedoro, mewakili Kepala Desa Wedoro, Hendro Basuki, menuturkan bahwa, kegiatan bagi-bagi daging qurban yang dilakukan SMP & SMA Plus Ar Rahmat sangat berguna bagi masyarakat, khususnya warga Dusun Kalitengah Desa Wedoro, Kecamatan Sugihwaras. Karena dengan membantu warga yang membutuhkan juga dapat meningkatkan jiwa kepedulian kepada sesama. Senada dengan Ibu Sri Murtini sebagai masyarakat Dusun Kalitengah menuturkan, bahwa kegiatan bagi-bagi daging qurban ini jarang dilakukan apalagi oleh santri, oleh sebab itu kegiatan seperti ini menjadikan kesan tersendiri serta merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan bagi-bagi daging qurban bagi masyarakat dusun Kalitengah.

Seluruh kegiatan ini bertujuan agar para santri mengenal hakikat dan cara berqurban mulai dari penyembelihan hewan qurban sampai pembagian daging qurban tersebut. Supaya para santri belajar ikhlas dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama. *** (Kang Zen)

banner