Pertamina EP Adopsi Cas Polres Bojonegoro

oleh
Launching C-TRAC (Cepu – Tracking System) Presdir Pertamina EP Nanang, Bupati Tuban, Kapolres Bojonegoro, Kapolres Tuban, Kapolres Lamongan, Dandim Bojonegoro, Dandim Tuban dan Dandim Lamongan

LintasBojonegoro.com – Inovasi pelayanan publik berbasis android Crime Alarm System (CAS) kembali mendapatkan apresiasi oleh instansi lain, kali ini CAS akan diadopsi oleh Pertamina EP Asset 4 Cepu dengan mengubah namanya menjadi C-TRAC (Cepu – Tracking System).

Pengadopsian CAS oleh Pertamin EP ditandai dengan penandatanganan kerja sama (MOU) antara Pertamina EP dengan Polres, Pemkab dan Kodim serta Launching Aplikasi C-TRAC yang merupakan bentuk Sinergitas Sistem Keamanan antara Pertamina EP dengan Polres Bojonegoro pada hari Jum’at (12/01/2018) kemarin.

Hadir dalam giat tersebut adalah Presdir Pertamina EP Nanang, Bupati Tuban, Kapolres Bojonegoro, Kapolres Tuban, Kapolres Lamongan, Dandim Bojonegoro, Dandim Tuban dan Dandim Lamongan serta Field manager, General Manager, VP HSSE, VP Government & Relation dari Pertamina EP.

banner

Dalam sambutannya Agus Amperianto selaku GM Pertamina EP Asset 4 Cepu mengungkapkan bahwa untuk kelancaran operasional di Pertamina EP Asset 4 Cepu didukung oleh terjaminya keamanan dari proses operasional dari pertamina EP oleh Polri dan TNI serta seluruh elemen pendukung lainya baik dari Pemkab serta Stakeholder lainya.

Dalam rangka meningkatkan system keamanan, Pertamina EP Asset 4 Cepu telah berkoordinasi dengan Polres Bojonegoro untuk membuat aplikasi berbasis IT C-TRAC yang apabila ada kejadian akan mengirimkan Alarm Kejadian ke Polres Bojonegoro sehingga segera dapat ditangani secara cepat.

“Secara keseluruhan C-TRAC memiliki cara kerja yang sama dengan CAS”, ucap Agus.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si saat memberikan paparan mengenai cara kerja C-TRAC yang cara kerjanya sama dengan CAS mengungkapkan bahwa implementasi aplikasi C-TRAC yaitu apabila terjadi kejadian maka pegawai Pertamina melaporkan melalui aplikasi C-TRAC dan Alarm akan berbunyi di ruang monitoring Pertamina, sehingga dapat mengirimkan back up kepada petugas/pegawai.

Selanjutnya, apabila situasi tidak terkendali maka dapat diteruskan ke Aplikasi CAS sehingga alarm Di ruang Command Centre Polres Bojonegoro berbunyi serta Alarm juga diteruskan ke Seluruh HP anggota .

“Selanjutnya petugas Polri terdekat akan meluncur ke Lokasi Kejadian atau Tim Panther (taktis) Polres Bojonegoro segera menuju lokasi atau Dalmas Polres Bojonegoro yang menuju lokasi tergantung jenis kejadian”, jelas Kapolres.

Sebelum Kapolres memberikan paparan mengenai mekanisme cara kerja C-TRAC, dilakukan dengan acara penandatanganan lembar komitmen bersama Object Vital Nasional oleh Presdir Asset 4, FM/GM Pertamina EP Asset 4, Kapolres Bojonegoro-Kapolres Blora-Kapolres Tuban, Bupati dan Pejabat terkait Lainya.

Selanjutnya dilakukan launching aplikasi C-TRAC oleh Presdir Asset 4 dengan ditandai memencet tombol “DARURAT“ dan Alarm monitoring kejadian berbunyi beserta posisi GPS tempat HP dari Aplikasi tersebut berada. (Dik)

banner