Penjelasan Humas PN Tentang Putusan Sela Dalam Perkara Perdata

oleh

Lintasbojonegoro.com – Setelah adanya putusan sela dalam sidang gugatan pengisian perangkat desa kabupaten Bojonegoro Selasa (06/02/2018) kemarin. Humas pengadilan negeri Bojonegoro Isdaryanto SH, MH mengajak masyarakat untuk ikut belajar mengenai putusan sela dalam perkara perdata.

Untuk diketahui dalam putusan sela gugatan pengisian perangkat desa di kabupaten Bojonegoro kemarin, hakim ketua menolak eksepsi para tergugat. Dan meminta semua pihak agar mempersiapkan semuanya pada sidang selanjutnya tanggal 14 February 2018 nanti.

Selanjutnya pria asal Solo Jawa tengah ini menjelaskan, putusan sela adalah putusan yang dijatuhkan majelis hakim sebelum putusan akhir. Dasarnya ada dalam Pasal 134 HIR / 160 RBg.

banner

Putusan sela dijatuhkan oleh majelis hakim karena adanya Eksepsi (keberatan) dari Tergugat atas gugatan Penggugat, materi eksepsi tersebut dimuat dalam Surat Jawaban Tergugat.

” Setelah para pihak saling menanggapi dalam Replik-Duplik, maka apabila ada eksepsi mengenai kompetensi (kewenangan) mengadili, Majelis Hakim akan menjatuhkan putusan sela yang isinya apabila eksepsi Tergugat dikabulkan maka pengadilan negeri menyatakan tidak berwenang mengadili, dan pemeriksaan berhenti,” Jelasnya.

banner