Pengakuan Camat Malo Bawa Uang 30 Juta dari Bendahara Desa Sumberrejo

oleh

LintasBojonegoro.com – Tuduhan dugaan pungli yang dilancarkan mantan kades Sumberrejo Santoso kepada Camat Malo Mohammad Arifin masih menjadi teka-teki. Meski belum bisa disimpulkan sebagai perbuatan melanggar hukum, namun masyarakat patut mendapatkan kejelasan.

Selain bisa menjadi polemik di masyarakat, jika benar adanya, kejadian tersebut bisa mengindikasikan, mudahnya praktek pungli dilakukan, tanpa adanya pihak yang tahu.

Dari keterangan Camat Malo Moh. Arifin, kepada lintasbojonegoro.com uang Rp. 30 juta tersebut memang dibawa olehnya selama kurang lebih seminggu.

banner

Camat memperoleh uang tersebut dari bendahara desa Sumberrejo Kecamatan Malo pada Senin 23 Juli 2018.
” Saya tidak meminta (uang:red) tapi bendahara yang mengantarkan sendiri,” Kata Camat Malo Rabu (01/08/2018).

Menurut camat, saat memberikan uang, Bendahara mengatakan kalau takut uang tersebut dihabiskan oleh kades jika dipegang olehnya.

Dengan alasan tersebut Camat Malo mengakui menerima uang yang diberikan oleh Bendahara sebesar Rp. 30 juta.

Uang yang bersumber dari DD itu rencananya akan digunakan untuk kegiatan pembinaan aparatur pemerintahan desa Sumberrejo.

Camat melanjutkan, karena pada tanggal 25 Juli 2018 ada surat pemberhentian 6 kepala desa termasuk kades sumberrejo, pihaknya merasa akan ada maslalah dengan uang tersebut.

” Karena kades diberhentikan, saya menduga akan ada masalah, jadi uangnya saya kembalikan,” Jelasnya.

Baru pada senin 30 Juli 2018 Camat mengembalikan uang ke perangkat desa Malo. Kata Camat, bendahara tidak mau menerima, akhirnya uang dititipkan ke perangkat desa lain. ” Bendahara tidak mau menerima, saya kasihkan ke perangkat lain,” Ungkapnya.

Selanjutnya pada hari Selasa 31 Juli 2018 barulah mantan kades Sumberrejo Kecamatan Malo melakukan konferensi pers atas dugaan pungli tersebut.

Sementara itu bendahara desa Sumberrejo Kecamatan Malo ketika dihubungi lintasbojonegoro.com melalui sambungan seluler beberapa kali tidak diangkat. (Red)

banner