Pemdes Temayang Genjot Pembangunan Sanitasi

oleh

Bojonegoro – Musim kemarau tahun ini dimafaatkan Pemerintah Desa Temayang, Kecamatan Temayang, Bojonegoro untuk menggenjot pengerjakan proyek sanitasi sebagai sarana pembuangan limbah rumah tangga. Menurut Kepala Desa Temayang, HM. Erfan, pembangunan saluran air tersebut merupakan implentasi program diseminasi Dana Desa tahun 2018.

“Saluran air ini untuk memperlancar pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak muncul comberan dengan baunya tak sedap pada musim penghujan,” kata Kades Temayang.

Ia mengungkapkan, pembangunan saluran air sepanjang 368 meter ini berada di RT. 07 yang dihuni 96 Kepala Keluarga (KK). Ditargetkan, pengerjaan proyek ini selesai dalam waktu 60 hari dengan melibatkan tenaga kerja dari warga desa setempat sebanyak 11 orang, terdiri dari tiga orang tukang dan delapan kuli. Sedangkan biaya yang ditetapkan untuk pembuatan saluran air mencapai Rp 210 juta.

banner

Masih menurut M. Erfan, sanitasi tersbut juga memiliki fungsi untuk mengamankan lapangan Palagan milik desa dari genangan air di musim penghujan. “Kami berharap di musim penghujan nanti tidak ada lagi genangan air di lapangan,” kata M. Erfan sembari menjelaslan lapangan Desa Temayang selain untuk sarana olah raga pemuda setempat juga digunakan sebagai sarana olah raga bagi 7 sekolahan yang ada di Kecamatan Temayang.

Sementara itu Ketua RT. 07, Pak Edi Sutrisno menyambut gembira pembangunan saluran air di lingkungannya. “Bagus, rapi dan efektif. Kami beserta warga sudah lama menunggu. Semoga dengan adanya sanitasi ini limbah rumah tangga bisa mengalir lancar sehingga tidak menimbulkan kekumuhan yang bisa menimbulkan penyakit,” tuturnya. (Aditya)

banner