Pemdes Sukorejo Garap Toko Dan Tribun Senilai Rp 886 juta

oleh

Bojonegoro – Pemerintah Desa Sukorejo, Kec/Kab. Bojonegoro membangun toko dan tribun di lapangan Singonoyo desa setempat. Menurut Kepala Desa Sukorejo, HM. Budi Suprayitno, toko yang dibangun sebanyak 16 unit berada di sebelah barat lapangan dengan luas masing-masing 3,25 meter x 4 meter. Rinciannya, sebanyak 8 unit toko berada di sebelah selatan pintu masuk lapangan dan sebanyak 8 unit berada di sebelah utara pintu masuk lapangan. Sedangkan tinggi bangunan toko bagian depan 4,5 meter dan tinggi bangunan belakang 2,20 meter.

Pembangunan toko yang dilakukan Pemdes Sukorejo terbilang unik. Karena di atas bangunan toko tersebut juga dibangun tribun sebagai kelengkapan sebuah lapangan sepak bola. “Pembangunan toko dan tribun dimulai bulan Juli 2018. Pengerjaan bangunan kami targetkan selesai akhir tahun ini,” tegas Budi Suprayitno.

Kepala Desa yang akrab dipanggil Kaji Yek ini menjelaskan, pembangunan toko dan tribun di lapangan Singonoyo menelan biaya sebesar Rp 886 juta. Dikerjakan dalam proyek padat karya diseminasi dana desa tahun 2018.
Ia menjelaskan, pembangunan toko dan tribun dilakukan Pemerintah Desa Sukorejo, namun pengelolaannya nantinya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Guyub Reksa Dana desa setempat. “Kami berharap nantinya BUMDesa Guyub Reksa Dana memanfaatkan toko dan tribun sebagai wahana untuk menggairahkan perekonomian masyarakat desa, yang pada akhirnya untuk menunjang pendapatan asli desa,” ungkapnya.

banner

Ditanya mengenai harga sewa kontrak toko yang berada di lapangan Singonoyo, Budi Suprayitno mengatakan masalah tersebut ditetapkan. “Keputusan mengenai harga sewa toko akan ditentukan dalam rapat bersama antara Pemdes, BPD dan BUMDesa. Yang jelas, besarnya biaya sewa pasti nantinya diumumkan kepada masyarakat,” tutur Budi Suprayitno. (KZ)

banner