Pembinaan Internal KPH BOJONEGORO, berlangsung sejak Senin 26/11/2018

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — Waka ADM Timur / Korkam, Waka ADM Tengah dan Pabin Polhut KPH Bojonegoro, hari Senin tgl 26 November 2018, dimulai pukul 10.30 wib sd 17.30 Wib telah melaksanakan Perkenalan dan pembinaan anggota.

Adapun anggota jajaran yang mengikuti,terdiri dari BKPH Clebung, Bubulan dan Pradok. bertempat secara bergilir diantaranya di Kantor Asper Clebung, Kantor Asper Bubulan, Kantor Asper Pradok. Dengan,waktu variatif.
Pada hari selasa 28 november 2018 jam 13.00 sd 20.30 wib dilaksanakan di kantor Asper Nglambangan dan Asper Deling.

banner

Adapun materi yang disampaikan oleh Waka ADM Tengah Bpk. SLAMET JUWANTO , diawali
Memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di KPH Bojonegoro.lalu
Mengajak Para Asper, Mantri, mandor dan anggota Polhut/Polhutter jajaran KPH Bojonegoro untuk menjaga kekompakan.serta Mengajak para asper, mantri, mandor dan Polhut/polhutter dalam melaksanakan tugas dilaksanakan dengan iklas dan penuh semangat, dalam rangka membantu program kebijakan pimpinan (ADM/KKPH).

Selain hal tersebut, dalam melaksanakan tugas harus betul betul dilaksanakan dengan baik.

Diharapkan pula didalam melaksanakan pengamanan hutan tidak ada yg terlibat masalah ilegalloging (sendakep awe awe) dalam bahasa, bila ada oknum yg terlibat akan di tindak dengan tegas diberikan Phanismen.
Dan juga dihimbau agar para peserta pembinaan pada tiap bulan untuk mengadakan kajian / pembinaan mental serta mulai hari ini sebagai pejabat baru akan melaksanakan orientasi diwilayah yg jadi tanggung jawab nya, bergantian dengan Waka Timur/korkam.
Mengajak semua personil perhutani untuk berubah dan bisa mengembalikan hutan Bojonegoro kembali menjadi baik lagi.

Materi yg disampaikan oleh Waka ADM timur (Korkam) supriyanto tentang Tri sukses hutan lestari ada 3 , yakni
1.Sukses keamanan 2. Sukses tanaman 3.Sukses produksi . Serta memerintahkan agar semua karyawan perhutani KPH Bojonegoro bisa mengembalikan hutan seperti sebelum masa reformasi.
Kita bekerja dg iklas dan penuh semangat.

Materi pembinaan Pabin Polhut Kompol Soesilo TP. Antara lain,. Pengamanan hutan, yg dilaksakan dg giat rutin (patroli) antisipasi terjadinya ilegalloging dan ilegalmining. Polisi Kehutanan adalah:

Pejabat tertentu dalam lingkungan instansi kehutanan pusat dan daerah yang sesuai dengan sifat pekerjaannya, menyelenggarakan dan atau melaksanakan usaha perlindungan hutan yang oleh kuasa undang-undang diberikan wewenang kepolisian khusus di bidang kehutanan dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (PP 45 tahun 2004).

Adapun , Tugas dan Fungsi Polisi Kehutanan.

Tugas dan fungsi Polhut adalah.Melaksanakan perlindungan dan pengamanan hutan, kawasan hutan, hasil hutan, tumbuhan dan satwa liar, mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat, dan perorangan atas hutan, kawasan hutan, hasil hutan, tumbuhan dan satwa liar, investasi serta perangkat yang berhubungan dengan pengelolaan hutan. (Pasal 4 ayat (1) Permenhut RI No.P.75/Menhut-II/2014 Tentang POLISI KEHUTANAN).

4. Bentuk Kegiatan Polisi Kehutanan
Tugas dan fungsi polhut di atas dilaksanakan dalam bentuk, Preemtif,
POLHUT. Preventif, serta repreship.

Kegiatan tersebut hasilnya di laporkan kepada Adm/kkph oleh Pabin, dan pada para Waka Adm/Ajun (kalau sebutan dahulu), dan tembusan pada kadivre jatim, kadep pengelolaan dan perlindungan SDH Divre Jatim, LO Divre perhutani Jatim, serta .(bersambung..).***(Ekopurnomo).

banner