PC IPNU-IPPNU Bojonegoro Bekali Kader Dengan Wawasan Fiqih Wanita

oleh -345 views

lintasbojonegoro.com – Dalam menghadapi era modernisasi dan globalisasi sekarang ini minim sekali pelajar khususnya perempuan yang memahami pengetahuan tentang fiqih wanita. Itu sebabnya Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bojonegoro periode 201-2020
menggelar kegiatan semarak Amaliyah Ramadhan 2019, dengan roadshow turba yang dirangkai dengan Kajian Fiqih Wanita.

Kegiatan ini dijadwalkan lima kali pertemuan selama bulan suci ramadhan ditempat yang berbeda sesuai dengan pembagian daerah Korcam (Koordinator Kecamatan) yang beranggotakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se-Bojonegoro. Yaitu Korcam Sosrokusumo, Korcam Mastumapel, Korcam Purwonegoro, Korcam Sosrodilogo dan Korcam Tirnoto.

Roadshow ini resmi dimulai di Korcam Sosrokusumo yang beranggotakan PAC Malo, PAC Kasiman, PAC Kedewan, PAC Purwosari, PAC Gayam, PAC Kalitidu dan PAC Ngasem. Dan dihadiri oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Bojonegoro, Sukron dan Nurul Afifah, Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Dander dan seluruh kader IPNU IPPNU Korcam Sosrodilogo, bertempat di gedung auditorium MWC NU Dander, Sabtu (18/05/2019).

banner

Dalam sambutannya Ketua IPNU Cabang Bojonegoro, Sukron, menyampaikan ilmu fiqih wanita sangatlah penting ditengah-tengah tantangan zaman yang semakin modern dan global ini.

“Kegiatan roadshow ini memang sudah sering kita lakukan untuk menjalin kedekatan dan koordinasi dengan PAC dan PKPT se-Bojonegoro. Namun, untuk Kajian Fiqih ini sendiri baru pertama kali kita lakukan. Kajian fiqih wanita ini nantinya dapat membekali kadera-kader IPNU IPPNU Bojonegoro ke depannya menghadapi tantangan zaman dan bekal mereka untuk hidup berumah tangga nanti. Ini penting juga untuk kader IPNU yang nantinya mereka akan menjadi kepala rumah tangga,” ungkapnya.

Di kesempatan lain, Ali Mahmudi selaku pelaksana kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Departemen Dakwah PC IPNU-IPPNU Bojonegoro dan telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan suci ramadhan. Ia juga mengajak seluruh pelajar di Bojonegoro agar bersemangat belajar ilmu agama khususnya ilmu Fiqih yang menjadi dasar beribadah menjadi lebih sempurna.

“Kegiatan ini sudah lama disiapkan. Di bulan ramadhan ini kami membuat beberapa agenda termasuk kemarin kami membuat Ruqyah Akbar yang Alhamdulillah dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta. Kegiatan kami yang selanjutnya adalah turba dan kajian fiqih ini. Kami mengajak seluruh pelajar di Bojonegoro khususnya yang agama Islam untuk lebih semangat belajar ilmu agama khususnya ilmu Fiqih,” pungkas pemuda yang akrab di sapa rekan Ali tersebut.

Pembukaan kegiatan turba dan kajian fiqih wanita diawali dengan Khatmil Qur’an dan tahlil bersama, dilanjutkan dengan seremonial pembukaan dan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan kajian ilmu Fiqih dan dialog interaktif oleh Ustadz KH. Ahmad Adib Hambali dan di tutup dengan buka bersama. (Imron/Kang Zen)