Para Mantan KOSTRAD Jatim, Reuni di Aula Masjid ” Al-Birru Pertiwi ” Dander

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com PARA mantan Komando Strategi Angkatan Darat (KOSTRAD), wilayah Jawa Timur, pada hari minggu (18/11/2018), mengadakan reuni temu kangen mulai Angkatan ’60.

Ketua Penyelenggara kegiatan wilayahnya Bojonegoro, Pelda (Purn), Supriyanto, didampingi pengurus para mantan Prajurit Kostrad yang ada di kabupaten Bojonegoro, diantaranya,(Pembina) Peltu Mustofa, Wakil ketua Pelda (Purn) Prapto, Sekretaris Serda Suyitno, Bendahara,Sertu Masdi, Anggota Serda,Adi Widayat, Pelda Suyanto, Serda (Purn) Juwari , Serda (Purn) Bambang , menjelaskan bahwa kegiatan ini ‘murni reuni’ para anggota KOSTRAD baik yang sudah Pensiun maupun masih TNI aktif sebagai Anggota KODIM di seluruh jawa Timur. Kebetulan tahun ini giliran di kabupaten Bojonegoro.

banner

Lebih lanjut Mantan prajurit KOSTRAD , pak Pri (sapaan akrab), yang sekarang menjabat sebagai kades Gamongan kec. Tambakrejo-Bojonegoro, juga menjelaskan bahwa reuni ini merupakan putaran ke 24, dengan ‘yel-yel’, siapa kita ?, jawabnya “Macan Kumbang”.papar Ketua Wilayah Bojonegoro, Supriyanto (Pelda Purn).

Sedangkan pengurus tingkat Jawa Timur, diantaranya Ketua Mayor (Purn) Mariyadi, Wakil Ketua Mayor (Purn) Sudarman, Bendahara Pelda (Purn) H. Kasiyanto, Sekretaris Peltu (Purn) H. Santoso. “Ini merupakan paguyuban dari para mantan anggota Kosrad Yonif Raider 515 /9 KOSTRAD, dengan agenda per 5 kali putaran acara reuni dilaksanakan di Mako Kostrad santuan induk nya (jawa timur), di desa Patemon kec. Tanggul kab. Jember. Dan beranggotakan semua para mantan anggota Kostrad yang sudah purnawirawan (Purn), maupun yang masih aktif,sebagai kodim dll, atau pindah tugas,dari kesatuan Kostrad,”,uraian pengurus tingkat jawa timur.

“Perputaran kegiatan ini memang, memang sudah kesepakatan bersama, dengan jumlah aktif para mantan prajurit kostrad raider 515/9 “macan kumbang”, sekitar 700 an, mulai anggkatan 1960. Ada juga anggota dari kabupaten tetangga jawa timur yakni Sragen (Jawa Tengah), dan juga dari pulau Madura. Memang awalnya setiap kegiatan,ada masalah, namun bisa teratasi, misal di Bojonegoro lokasi kegiatan,di mana ?, karena undangan hanya lewat W.A. Denah tidak disebutkan, namun toh teratasi. Setiap kegiatan dana penunjang dari semua anggota plus partisipasi dari kodim. Ini untuk memupuk kebersamaan, tidak ada unsur “Politik Praktis”., kata Perwira tertua Mayor (Purn), Mariyadi.

Selanjutnya Yang mewakili Danyon Raider 515/9 Kostrad Jember, kapten Inf. I Nyoman Sugada (Kasi Intel unit III), dalam sambutannya menyampaikan salam dari Dan-yon, karena beliau ada acara yang tidak dapat diwakilkan, dan harapan adalah persaudaraan, yang sudah berjalan dan selalu positive ini untuk selalu jadi ajang silaturahmi kekompakan sesama mantan, bahkan kami,sendiri juga proses mutasi ke wilayah , dan ingin menjadi anggota reuni & silaturahmi sesama mantan Kostrad.
Kabar lain, yakni kostrad baru selesai tugas , berangkat 500 prajurit pulang 500, dan juga bhakti sosial/kemanusian di Ambon. Terima kasih pada senior yang di paguyuban ini, karena bekal ilmu dari senior juga kami laksanakan di kesatuan. ‘siapa kita…??, dijawab hadirin “Macan Kumbang”.

Hadir dalam acara tersebut, selain pengurus & anggota paguyuban, juga dari perwakilan kodim 0813, Muspika Dander, kades Dander. Dihibur electone & Audio KWL (kawan lama), mulai meriah,dari suasana hening walau dihibur 2 artis KWL , Tapi saat giliran Ketua FORSA Kabupaten Bojonegoro, sekaligus wartawan media online www.lintasbojonegoro.com, membawakan 2 lagu dari Pak Haji Rhoma irama, yang bisa ada sambung acara reuni tersebut, yakni lagu Pertemuan serta lagu Perjuangan & do’a, keakraban semakin tampak ada yang berjoget ketika lagu lagu ter-alunkan.

Camat Dander Hj. Nanik Lustyani, S.Sos.MM. Memberikan kesan positive dan haru, karena sepuh-muda dikemas sederhana tapi gayeng ,meriah.” Cuma Sayangnya sehubungan masuknya bersama pak Kapolsek dan wanita asprinya camat Dander, ketika disetiap kata sambutan, kalimat Bu Camat Dander tidak terdengar, dan,selalu,Pak Camat Dander. Camat Dander itu,saya Lho…tulen,seorang ibu, bukan Bapak….he he bejane pak Kapolsek, sudah dapat,sebutan yang kami hormati pak kapolsek Dander, ijek dikiro pak camat dander, hadeeeh….”, kelakar camat dander,seusai ramah tamah, **(Ekopurnomo).

Selanjutnya Panitya Peltu Mustofa, beserta,seluruh panitya penyelenggara mengucapkan pada Pak Supramu Santoso yang berkenan memfasilitasi Aula Al-Birru Pertiwi untuk penyelenggaraan reuni & silaturahmi mantan Kosrad, yang pada hari ini, giliran Bojonegoro.

banner