Panwaslu Temayang Gelar Rakernis Pengawasan Tahapan Pemilu

oleh

Reporter : Aditya Alif Nugraha

NGAWI – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Temayang menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Tahapan Pemilu 2019, bagi Panwaslu Desa (Panwasludes) se-Kecamatan Temayang di Srambang Park, Ngawi, Minggu (18/11/2018).

Dalam rapat yang dihadiri seluruh Panwaslu Desa se-Kecamatan Temayang tersebut, Ahmad Syaifullah,SE selaku Ketua Devisi Pencegahan dan hubungan antar Lembaga Kecamatan Temayang menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk memaksimalkan regulasi pengawasan di desa se-Kecamatan Temayang.

banner

“Hasil forum ini diharapkan dapat memperkaya metode dan strategi pengawasan pemilu di desa se-Kecamatan Temayang,” kata Syaiful disela kegiatan tersebut.

Selain itu, ia berharap dengan diadakannya Rakernis akan bisa menciptakan terselenggaranya Pemilu yang lebih jujur, adil dan bermartabat serta memenuhi kaidah aturan UU Pemilu.

“Sehingga diharapkan kualitas Pileg dan Pilpres 2019 secara kualitas dan integritas akan lebih baik,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga berpesan agar para peserta Pemilu 2019 untuk menahan diri agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan kampanye Pemilu 2019.

Ia mengungkapkan, sedikitnya ada 10 poin yang perlu diperhatikan peserta pemilu agar tidak melakukan pelanggaran yang akan menimbulkan sanksi administratif / pidana bagi kontestan pemilu 2019.

Berikut 10 larangan tersebut :
1. Mempersoalkan dasar negara, UUD 1945, bentuk negara.

2. Melakukan kegiatan yang membahayakan NKRI.

3. Membawa atau menggunakan tanda gambar dan atau atribut selain tanda gambar atau atribut peserta pemilu yang bersangkutan.

4. Menghasut dan mengadu domba.

5. Mengganggu ketertiban umum.

6. Mengancam untuk melakukan kekerasan.

7. Merusak dan atau menghilangkan alat peraga.

8. Menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan, termasuk halaman.

9. Melakukan kampanye SARA.

10. Menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta pemilu.***

banner