Panwascam Kalitidu Benarkan Tindakan PPL Sumengko

oleh

LintasBojonegoro.com – Panwascam Kalitidu Kabupaten Bojonegoro membenarkan tindakan M, terduga perusakan APK Basudewa di desa Sumengko Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.

Hal itu disampaikan Hariyono anggota panwascam Kalitidu usai mendampingi pemeriksaan terhadap M di kantor Panwaskab Bojonegoro Senin (23/04/2018).

Menurut dia berdasarkan undang-undang dan peraturan KPU, APK tersebut tidak sesuai peraturan – perundangan. ” Ukuran memang tidak sesuai dengan PKPU selain itu lokasi juga tidak sesuai,” Kata Hariyono.

Untuk tempat, Kata Hariyono berada di radius 10 meter dari tempat ibadah, yakni sekitar 9 meter. Diketahui ada 3 APK yang ditertibkan oleh PPL desa Sumengko.

Selain itu untuk koordinasi dengan para timses maupun PPK, sudah sering dilakukan berkali-kali oleh panwascam. Menurutnya seluruh mekanisme sudah dijalankan, dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara itu Mujiono Divisi hukum dan penertiban Panwaskab Bojonegoro menyampaikan, sebelumnya panwaskab sudah melakukan koordinasi dengan KPU, PPK dan tim ses di masing-masing wilayah.

” Kita kirim surat ke KPU, merekomendasikan untuk menghimbau timses atau Paslon, agar mematuhi aturan yang ada,” Kata Mujiono.

Mujiono juga membenarkan bahwa panwas berhak melakukan penertiban APK yang dinilai melanggar aturan yang ada.