MPLS, Kepala SMAN 1 Motivasi Siswa Go Internasional

oleh

LintasBojonegoro.com — Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro berakhir tepat hari ini jumat (19/07/2019). Pada upacara penutupan yang digelar pada pukul 14.00 wib, Kepala Sekolah SMAN 1 Bojonegoro memberikan motivasi agar siswa bisa go internasional.

” Tidak menutup kemungkinan siswa SMA 1 bisa ikut pertukaran pelajar dengan siswa luar negeri, mungkin kalian nantinya,” Kata Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro Sri Setyowati, M.Pd.

banner

Hal itu mungkin terjadi, karena SMAN 1 menggunakan sistem SKS dalam proses belajar mengajar.  Kata Kepala sekolah, SMA Negeri 1 Bojonegoro sudah menjadi sekolah 3 terbaik di Jawa Timur,  sehingga bisa terus naik di level nasional hingga internasional.

Pada tahun 2019 ini, SMAN 1 Bojonegoro menerima sekitar 286 siswa baru. Karena termasuk sekolah favorit di wilayah Bojonegoro, pagu yang tersedia terpenuhi dan menjadi pilihan pertama bagi sebagian besar siswa.

Selama 5 hari, mulai dari hari Senin kemarin, 286 siswa baru ini mendapatkan materi dari pihak sekolah yang mendatangkan pemateri dari TNI dan Polri.

Materi tersebut seputar wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya narkoba, pengenalan visi misi sekolah hingga pengenalan diri.

Dengan materi tersebut harapannya siswa memperoleh beberapa manfaat, diantaranya
Pengenalan potensi diri siswa, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar yang efektif, dan mengembangkan interaksi positif.

Selain itu, bisa menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, saling menghargai menghormati beragama, persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat, memiliki integritas, etos kerja dan gotong royong.

Membangun pendidikan karakter melalui pemberian wawasan kebangsaan, bela negara anti radikalisme, kesehatan remaja, anti narkoba, anti pornografi, cyber crime dan tertib lalulintas.

Ia juga mengingatkan, ilmu pengetahuan dan teknologi itu juga penting, tapi memiliki karakter dan budi pekerti yang baik jauh lebih penting.

” Selain bersaing dalam bidang akademik, harys pula memiliki akhlak yang mulia, yang terakhir siswa juga harus bisa menjaga lingkungan sekitar. Siswa SMA N 1 kalau tahu ada sampah harus segera dibersihkan.” Imbuhnya.

Diakhir sambutannya, ia menekankan agar siswa segera bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah agar tercapai pembelajaran yang efektif.

banner