Misteri Mbolu Etane Dusun Plosorejo

oleh

Oleh EKO Purnomo

BERDO’A-LAH, dulu sebelum aktifitas, niscaya kamu akan nyaman dalam perjalanan.

Malam minggu jangan,dikira demit tidak mengganggu manusia, ternyata anggapan itu tidak benar. Karena kenyataannya, ada saja kuntilanak akan ikut nonton dangdut.”mas mbonceng mas, sarmin,”.

banner

Karena merasa dipanggil namanya, sarmin pun menoleh..dilalah bukan golongane sarmin (nama samaran ), akhirnya permohonan penebengan ( bonceng ), diabaikan. “Muooh kowe ra tunggalku”

Namun karena sarmin itu rajin dzikir, dia pun nyantai mengayuh,sepeda pancal jenis jengki, lha si ngonok an itu tetep mengejar namun tidak bisa, hingga ke tempat lampu padang banyak rumah.

Dan ternyata sampai,ditempat dangdutan, sarmin tidak mau usel uselan, pikirnya sambil mendengarkan alunan lagu, sarmin pun nyambi main gaple lotre telor. Dan seolah kemenangan sarmin,diluar dugaan. Bahkan ada yang nyeletuk, ” Palingo usei ketemu hantu”.

“Pancen tenan, gara gara kamu tinggal, sudah janjian budal bareng kog mbok tinggal “, sergah sarmin.

“Nok endi ?”, tanya naji (nama samaran).

“Nok mbolu dalan,anjor, sor kluwih kulone ratan”, sarmin.

Dengan jawaban tegas, akhirnya semua konco konco yang nonton orkes kalau yang merasa temannya, diberitahu. Akhirnya mereka pulang bersama sama, tapi ada catatan pas lewat pinggir pohon kluwih yang di maksud, sepeda nya dituntun, tapi sepeda di tali satu dengan lain. Kecuali,sepedahe sarmin .namun sarmin bertanggung jawab, dia berjalan paling belakang.

Dengan kejadian itu, sebelum ada PJU jarang ada yang keluar malam jika tidak amat penting. Namun sekarang jalan sudah ada lampu dan pavingan, serta pohon kluwih juga sudah ditumbangkan, dan juga banyak rumah, tidak ada cerita horor tersebut.###(ekopurnomo)

banner