Meski Dapat SK Bupati, Honor GTT Masih Jauh Dari Kata Layak

oleh

LintasBojonegoro.com – Ribuan GTT yang telah mendapatkan SK Bupati tak lantas bernafas lega. Pasalnya meski dapat SK penugasan dari Bupati, gaji atau tunjangan yang mereka peroleh masih jauh dari kata layak.

Diketahui ada sekitar 2.788 GTT yang mendapatkan SK penugasan dari Bupati Bojonegoro beberapa waktu lalu. SK tersebut berlaku kurang lebih selama satu tahun, dan akan diperbarui sesuai kebijakan Bupati yang menjabat.

Dalam SK tersebut tertulis bahwa para GTT dan PTT ini resmi bakal mendapatkan honor dari dana BOS sebesar 15 persen. ” Mereka akan dapat maksimal 15 persen resmi dari dana BOS, itu maksimal jadi bisa kurang dari itu,” Ungkap Rofiq perwakilan Dinas pendidikan Bojonegoro saat rapat dengar pendapat dengan komisi C.

banner

Presentase pendapatan GTT tersebut tergantung kebijakan sekolah masing-masing. Dalam SK ditetapkan 15 persen maksimal, sehingga bisa diberikan bahkan kurang dari 15 persen.

Dia memberikan contoh sekolah yang paling sedikit mendapatkan dana BOS adalah dengan jumlah siswa kurang dari 60, yaitu sekitar 48 juta dalam satu tahun.

” Kalau dibagi 12 bulan, perbulannya sekitar Rp. 4 juta, baru diambil 15 persen dan dibagi jumlah GTT yang ada,” Jelasnya.

Jika ada 2 GTT saja dalam sebuah sekolah, maka perbulan honor yang didapatkan oleh GTT tersebut hanya sebesar Rp. 300 ribu dari dana BOS.

Nasib lebih beruntung bagi GTT yang memiliki NUPTK non K2 akan mendapatkan tambahan tunjangan dari APBD sebesar 500 ribu per bulan. Sedangkan untuk GTT K2 sebesar 750 ribu perbulan. Nilai tersebut bahkan masih jauh dari besaran UMK Bojonegoro tahun 2018 yang mencapai angka Rp. 1,7 juta perbulan.

banner