Membludak, Peserta Pelatihan Diversifikasi Olahan Produk Peternakan

oleh

BOJONEGORO – Sebanyak 80 ibu-ibu kader PKK dan para istri Ketua RT di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kab. Bojonegoro mendapat Pelatihan Diversifikasi Olahan Produk Peternakan yakni pembuatan menu kuliner yakni nuget, abon dan ayam goreng kentucky berbahan daging ayam. Kegiatan tersebut dilaksanakan Dinas Peternakan dan Perikanan bersama Pemerintah Desa Sukorejo, bertempat di gedung SSC BUMDesa Guyub Reksa Dana Desa Sukorejo, Rabu (20/3/2019).

Menurut Kepala Bidang Agribisnis Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Wiwik Sulistiyo, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan ketrampilan memasak bagi ibu-ibu penggerak PKK serta para istri Ketua RT sehingga bisa menyiapkan menu bagi keluarganya. Namun diharapkan pula nantinya bisa dikembangkan menjadi usaha kuliner kelompok.

“Bagi ibu-ibu yang akan melanjutkan buka usaha kuliner setelah mengikuti pelatihan akan mendapat perhatian khusus. Diberi kesempatan untuk mengajukan proposal permohonan bantuan peralatan memasak serta alat pendingin daging ayam agar lebih awet sebelum dimasak,” tegas Wiwik Sulistiyo disambut tepuk tangan peserta pelatihan.

banner

Dia menambahkan, Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro menyiapkan koki handal menjadi tutor dalam pelatihan ini. Sehingga setiap penjelasannya mudah dipahami dan bisa langsung praktek dengan hasil cita rasa masakan yang lezat.

Kepala Desa Sukorejo, HM. Budi Suprayitno mengungkapkan, peserta pelatihan ditargetkan hanya 30 orang. Namun karena banyak ibu-ibu yang anstuias mengikuti pelatihan tersebut akhirnya membludak menjadi 80 ora. Pria yang sudah menjabat Kepala Desa Sukorejo selama dua periode ini berharap agar pelatihan tersebut menjadi program berkelanjutan. “Dari pelatihan ini kami harapkan ibu-ibu bisa mengembangkan menjadi usaha kuliner, sehingga menimbulkan dampak ekonomi keluarga,” ungkapnya.

Menurut Budi Suprayitno, ibu-ibu yang mengikuti pelatihan nantinya akan dibuatkan kelompok usaha sebanyak 8 kelompok, yang berada di 8 RW (Rukun Warga). Namun bagi peserta yang ingin membuka usaha sendiri juga diberi kesempatan yang sama oleh Dinas Peternakan dan Perikanan dalam mengajukan permohonan bantuan peralatan memasak. (Kang Zen)

banner