Melaksanakan Amanat Warga Pragelan

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com – SEBAGAI upaya untuk memberikan kontribusi pada warganya. Kades Pragelan kecamatan Gondang, MARJI, tiada henti hentinya berupaya mencarikan solusi untuk warganya, terutama ber KTP pekerjaan petani ,tetapi tidak punya lahan garapan.

Kades yang merupakan permintaan atas kehendak warganya tersebut. Karena Pak Marji sebelum menjabat Kepala Desa Pragelan, adalah TNI- AD. Yang masih aktif berdinas di KODIM Nganjuk. Maka saat sulitnya minta ijin untuk memenuhi persyaratan cakades, maka warga pragelan berduyun duyun memohon pada pimpinan untuk bisanya pak Marji mau memimpin desa pragelan.

banner

Upaya yang ditempuh kades Yang selalu siap siaga demi kepentingan warga desa pragelan.”Kami memimpin karena permintaan mereka, karena itu apapun yang kami upayakan termasuk kerja sama Perum Perhutani dengan LMDH WONO ASRI Pragelan, adalah demi peningkatan kesejahteraan . Dan wacana untuk tahun berikutnya adalah penanaman porang, sebagai tanaman tumpang sarinya. Adapun tujuannya adalah untuk menghutankan kembali lahan kosong, dengan jenis tanaman SENGON SOLOMON.

Lebih lanjut kades yang berpostur ala Gatotkaca, ini menjelaskan pula bahwa, pada tahun 2017 kemarin ada realisasi 10Hektar, dan untuk tahun 2018, sudah tersedia lagi lahan 24,4 hektar dengan bibit yang ditanam nanti sekitar 24.400 pohon. Dengan perhitungan tanam 1000/hektar, harapannya yaa untuk meningkatkan kesejahteraan warga yang identik masyarakat tamping, kanan kiri hutan dan pegunungan, kalau soal kendala yakni agak lama merealisasi karena memberikan penjelasan mathing mathing, apakah sengon itu, lakukah,sengon itu, dan bentuk kerja samanya kayak apa, termasuk bagi hasilnya bagaimana.

Setelah kami jelaskan dan juga bersama pak mantri RPH Pragelan Utara, Jaedi, SH. Maka konsentrasi tidak hanya jagung, tetapi harapannya sukses tanaman hutan, tumpangsari juga berhasil, tingkat keamanan terjamin diatas 90%, karena orang ngambil akan dibikin apa, dan mereka sebagai sudah kami study banding di daerah Bangeran desa Bobol kecamatan,Sekar.

Dijelaskan pula oleh,mantan Anggota KOREM O81 Madiun ini, Kades,Pragelan Marji, bahwa yang agak sedikit lambat adalah memberitahu pada warga perihal pemahaman, maklum karena faktor,SDM. yang mendominasi lulusan Sekolah Dasar, sehingga agak susah, tapi jika mereka sudah merasa jelas, yo hayuuuk. Termasuk tanah Bengkok saya, itu,saya bikin embung, katanya, untuk apa embung, padahal jika musim kemarau musim bawang merah bagus, yaitu, namun setelah jelas, e e tibak e tenan. Nayoh golek banyu untuk nyiram.

Kami pasang pesan dikantor “Jangan benarkan yang biasa, tetapi biasakan yang benar”, missi nya adalah bekerja yang baik. Termasuk para perangkat bila masuk ruangan baca pesan itu, dengan struktur perangkat yakni Sekdes Anton Susilo, Kasi Pemerintahan Hendrik setyawan, kasi pelayanan Ali Yasrikan, kasi Sos Jarno, kaur Tata Usaha Indra efendi , kaur keuangan Lasimin. Kasun Pragelan Sumiran, kasun Bluru Agus Widayat, kasun,Tretes Sunarto, kasun,Randupitu Sukarto dan Kasun Bladogan Hartono.

Untuk Dana Desa selama 2 tahun ini, fokus untuk inprastruktur, yakni jalan, TPT, Jembatan. Semua ini kami tempuh,adalah untuk meningkatkan taraf hidup yakni,demi kesejahteraan mereka. Kami masih berdinas sebagai,TNI, diminta untuk pulang,dan dijadikan pemimpin mereka, maka amanah ini seiring perjalanan,waktu walau setapak,demi setapak untuk mewujudkan,vissi mereka. Melindungi, mengayomi ,mengarahkan untuk peningkatan,kesejahteraan hidup dan hal hal positive serta bersama sama membangun Pragelan.”, ulasan Kades Pragelan Marji.

Sedangkan beberapa merasa senang gaya kepemimpinan Pak,Marji. Teges ( Jelas), dan Tegas, dan ada dikatakan ada, bukan ada dikatakan tidak ada. Alhamdulillah aman,tertib,lancar. Bersama pak Petinggi Marji, Pragelan,Semangat ,maju, sejahtera. Amiinn.**(Ek/Red).

banner