Langkah Bupati Mempercayakan Kades Disambut Positif

oleh -428 views

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com — SEBAGIAN Besar para kepala desa menyambut baik, atas kepercayaan Bupati Bojonegoro DR. Hj. Anna Mu’awanah , MSi.

Menurut kades Gading kec. Tambakrejo, Rudig, adanya kepercayaan Bupati pada para kades perihal tata kelola pemerintahan desa , ini,sambutnya positive. “Memang yang faham tentang desa serta arah akan dikemas seperti apa, adalah kepala desa, yang penting tidak melanggar Undang-undang, Perda, perbup. Dimodel selera bagaimanapun, dalam antrian tidak terlalu di dikte, maka desa merasa enjoy nyaman dalam menerbitkan perdes. Sebab jikalau terlalu juknis sering berubah, akan segera melaksanakan dikuatirkan merubah lagi, karena petunjuk teknis berubah. Dengan sesering para kades dikumpulkan, sama hal nya para kades akan semakin faham perihal inovasi. ‘kami sangat setuju para kades sering bertemu dan dibekali, akhirnya semakin dekat semakin semangat. Bahkan kita walau semakin dikenal justru semakin hati hati dalam management desa. Namun hasilnya baik bukan diri,sendiri, tetapi untuk semuanya.”

banner

Perihal siskeudes , terus terang masih tahap belajar, karena merupakan hal baru, berikut SDM Perangkat bervariasi, karena secara administratib basic mereka beda dengan ilmu pengetahuan yang didapat dari sekolahan. Misal asal mereka pendidikan formal SMK Jurusan bengkel, berikut ikut jadi perangkat tahu tahu lowongan perangkat adalah kaur keuangan, tentunya agak dlumak- dlumuk, karena saat mendaftarkan persyaratan ijasah SLTA sederajat. Tentunya asing tugas yang diembannya. Maka diharap memaklumi perihal bila terlambat bikin laporan. Ada pendamping tapi mereka untuk mengerjakan benar ada pendamping namun itu khan status kecamatan atau kabupaten, dan tidak,stand by di desa. Kendala perihal,siskeudes yakni semakin sering diberi pelatihan adalah sangat membantu. Untuk perangkat muda-muda masih jling. Lha yang tua,tua, bahasa mereka ‘pokok,e kulo manut perintahe pak kades mawon.
Padahal pemerintah khan tidak seperti seperti dulu, sekarang mekanisme lain sesuai tuntutan zaman. Dengan disiskeudes ini seandainya kemarin pendaftaran lowongan perangkat misal Kasi pemerintah , persyaratan SMA jurusan A.3. Lowongan kaur pembangunan persyaratan SMK Jurusan TGB, kasi,Kesra (Modin) lulusan Aliyah plus pernah di ponpes, kaur perencanaan lulusan IKIP Matematika, sehingga manggon.
Serta desa didampingi pendampingan satu e satu pendamping. Sehingga ketika membuat RAP maupun pelaporan bisa ready.

Kades Gamongan Supriyanto mengerahkan perangkatnya sesuai Tupoksi, serta mewajibkan untuk selalu belajar dan belajar mengikuti perkembangan. Serta merta melayani kebutuhan masyarakat secara maksimal. Membangun sesuai kebutuhan dan sesuai yang dimusrenbangdeskan, karena hasilnya yang merasakan juga warga gamongan. Yang penting jangan menyalahi aturan termasuk penanggaran dana juga hati hati, serta termasuk kinerja, perangkat dapat gaji maka bekerjalah sesuai aturan berlaku. Jangan mau terima gaji tetapi masuk kantor tidak sesuai jam ketentuan. Disiplin awal tertib, tertib awal rasa senang dalam melaksanakan tugas, walau orang lain menganggap berat, tetapi kita sudah terbiasa. Ulasan Kades,Gamongan berbasic TNI-AD (Kesatuan KOSTRAD).

Pemupukan sikap disiplin pada perangkat desa juga ditanamkan oleh kades Kasiman kecamatan Kasiman H. R. Ghozali, SE. Dihari hari aktif masuk kantor pulangnya tetep sesuai jadwal terpampang didinding kantor. Apalagi saat ini (29-1-2019) Fase pemulihan kebugaran usei rawat inap dari salah satu rumah,sakit semarang, kades berbasic TNI-AL (kesatuan Marinir), kemarin masih berpenampilan ala Superman (yakni), melayani tanda tangan sambil berselimut, namun ada yang nggladrah yakni seorang warganya minta surat mintanya yang ngetik surat harus kades sendiri, karena perintahnya dari kecamatan, yang,ditirukan kades yang mirip Gatut Kaca, begini :”pak lurah kulo diutus nyuwun,surat dateng,sampean, lha kog sampean ngutus kulo nyuwun surat didamelke perangkat. Kedahe sampean piyambak, niki kulo mriki angsal perintah saking kecamatan. Kog di ubat ubetke, hadeeh ternyata repot juga pernah warga nyamin,”kenang kades Kasiman sambil sesekali beralih posisi duduknya.

” terus terang kami tetep mendukung program Bupati, cuma kami tidak pernah berkomentar di group, tapi tetep menyimak saja, masalahnya kita dituntut kerja nyata,realita dan bukan sekedar cerita. Hhhhh. Maaf mas eko, ni soal rokok tetep , kalau mengurangi insya Allah ,siaaap.hhhhh.

Berhubung hampir pukul 14.30,WIBB, warga kasiman bahkan PNS berlogo Propinsi jawa Tengah pun datang untuk silaturahmi pada pak Kades Kasiman H.R.Ghozali, SE. Maka lintasbojonegoro.com, bergegas pamitan karena cuaca mendung.####(Ekopurnomo)