KPH Parengan satu-satunya yang punya Ijin Edar menjangan untuk umum

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro.com

WILAYAH Hukum lokasi Kantor Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), berada di kabupaten Bojonegoro, akan tetapi Wilayah hutannya terbanyak di kabupaten Tuban. Untuk penangkaran Rusa ada di BKPH Malo di desa Malo kec. Malo kabupaten Bojonegoro. Berikut ceritanya.

banner

Menurut Administrator /KKPH Parengan Badaruddin Amin, S.Hut. didampingi bagian humas Agus Susilo Utomo, SH. Menjelaskan bahwa luas wilayah KPH Parengan Divre jatim, seluas 17.663 hektar , yang berada di kabupaten Bojonegoro luasnya 2.473 hektar, tersebar di 3 kecamatan (Trucuk, Malo, Kedewan), dengan terbagi 11 LMDH diantaranya, LMDH. Kedungwono desa kedungrejo , karya wana sejahtera desa Tinawun, Podo tresno desa trembes, Sumber makmur desa sukorejo, Jati mas desa Malo, Wana bhakti 1 desa ketileng, Wono dadi desa Semlaran, Wono makmur desa Tanggir, itu yang di kecamatan Malo, dan,LMDH Wono makmur desa Wonocolo kecamatan kedewan, serta LMDH Sumber wonodadi desa sumberejo kenthong, Wana bhakti 2 Desa Kanten kecamatan Trucuk.

Lebih lanjut Administrator yang sebelumnya bertugas di Perencanaan Hutan Wilayah Bojonegoro, tersebut menjelaskan pula bahwa potensi kawasan wisata KPH Parengan yang ada di kabupaten Bojonegoro yang sudah berjalan yakni destinasi wisata relligy Makam Wali Kidangan, desa Sukorejo kec. Malo, Petilasan Mbah Zakaria desa Tinawun, makan,suku kalang proses , penangkaran rusa jawa di BKPH Malo.

“Perihal rusa Malo, KPH Parengan satu satunya yang punya ijin untuk edar binatang rusa, entah dijadikan sebagai bibit penangkaran, maupun daging untuk aneka menu. Dengan dipatok harga rata rata Rp.6,5 juta/ekor klasifikasi F2, dan bekerja sama dengan pertamina EP. IV. sejak tahun 2003. Jumlah sekarang jumlahnya 49 ekor, setelah dilaksanaka pelepasan liar di hutan raden mas Surya di Blitar, berjenis kelamin pejantan 1 ekor, betina 3 ekor. Keberadaan sekarang masih 49 ekor, (41 ekor di Malo BKPH Malo Asspernya pak,Sutrisno, 8 ekor prataan BKPH Parengan selatan), Asspernya pak Ekopurwanto, SH.”, lanjut ADM/KKPH Parengan.

Sebenarnya masih banyak yang diulas tetapi sudah ada yang,antri akan bertemu orang nomor satu di KPH Parengan, maka,Lintasbojonegoro.com. Tahu diri berbagi waktu, untuk tamu yang lain, termasuk kupas BKPH Parengan Selatan belum terbahas ,maka dipersilahkan untuk koordinasi secara berkesinambungan/bersambung….**(Ekopurnomo).

banner