Kontestasi Berlanjut di Pemilu Legislatif 2019

oleh

Oleh: Ervan Kusindarto (indexpemilu.org)

Kontestasi Berlanjut

Percaturan politik pasca terpilihnya pasangan calon Anna-Wawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro untuk periode 2018-2023 masih menarik untuk diikuti. Dukungan sebesar 30,58 persen suara sah mengungguli pasangan calon lainnya. Pasangan calon ini diusung koalisi PKB dan PDIP, meski bukan pemenang mayoritas, tetapi kolisi ini dengan perolehan 22 persen kursi merupakan dukungan signifikan di DPRD Bojonegoro.

banner

PKB dan PDIP sebagai partai politik pengusung tentu berharap keuntungan secara electoral dari kemenangan yang diraih saat pilkada 2018 yang lalu. Yaitu peningkatan dukungan suara pemilih yang terkonversi menjadi kursi DPRD Bojonegoro untuk pemilu tahun 2019 akan datang.

Apabila dilakukan simulasi metode sainte lague ‘murni’ dapat dilakukan prediksi perolehan kursi partai politik di DPRD Bojonegoro untuk pemilihan anggota DPRD Bojonegoro akan datang, tentu mengacu pada hasil perolehan suara partai politik pada pemilu tahun 2014.

Asumsinya apabila partai politik dapat mempertahankan dukungan suara pemilih yang akan datang sekurang-kurangnya sama dengan (stabil) pemilu sebelumnya.

Hasil simulasi santé lague ‘murni’ menunjukkan partai politik PKB dan PDIP berpeluang mendapat tambahan masing-masing 1 kursi dari daerah pemilihan Bojonegoro I terdiri dari Bojonegoro, Dander, Kapas dan Trucuk.

Penambahan kursi ini diperoleh dari pergeseran mekanis penerapan santé lague ‘murni yang berpotensi memperkecil peluang sejumlah partai politik memperoleh kursi.

Hal itu diprediksi dialami oleh PKS, Golkar dan PPP terancam kehilangan kursi. Sedangkan prediksi untuk perolehan kursi DPRD Provinsi Jawa Timur maupun DPR RI relatif stabil, artinya komposisi perolehan kursi masih sama dengan hasil pemilu legislatif sebelumnya.

Yang menarik adalah muncul sejumlah nama kandidat pendongkrak dukungan suara pemilih dalam kontestasi pemilihan umum legislatif akan datang.

Mitro’atin dengan nomor urut 1, kembali maju sebagai bakal calon anggota DPRD Bojonegoro dari daerah pemilihan Bojonegoro IV terdiri dari Bubulan, Gondang, Margomulyo, Ngambon, Ngraho, Sekar, Tambakrejo dan Temayang. Dukungan 6.147 suara sah pada pemilu legislatif sebelumnya, Mitro’atin memiliki basis dukungan paling kuat di Tambakrejo.

Pudji Dewanto menjadi kontestan pemilihan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang diusung PPP. Memperoleh nomor urut 2, Pudji Dewanto sebelumnya gagal memenangkan kursi wakil bupati pada pilkada sebelumnya. Rekam jejak politik Pudji Dewanto relatif lemah, karena sebagai pendatang baru dalam dinamika politik kontestasi pemilihan umum.

Lukmanul Khakim diusung PKB, saat ini sebagai PAW DPR RI menggantikan posisi Anna Mu’amanah. Dukungan 48.451 suara sah pada pemilu legislatif sebelumnya, memiliki basis dukungan signifikan di Bojonegoro dinilai layak untuk mempertahankan kursi PKB dari daerah pemilihan Jawa Timur IX terdiri dari Bojonegoro dan Tuban.

Lanjut di halaman kedua klik

banner