Kirab Gunungan Ke Empat Berjalan Meriah di Desa Malo

oleh

Reporter Dian

Lintasbojonegoro.com – Desa Malo Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro mebgadakan Grebeg Suro Kirab Gunungandalam menyambut bulan Muharram atau dalam tradisi masyarakat jawa lebih dikenal dengan bulan Suro.

Dalam Kirab kali ini ada delapan Gunungan yang ikut diarak dalam Kirab Gunungan yang ke 4 tahun 2018 pada Sabtu (22/09/2018).

banner

Eko Utomo selaku tokoh masyarakat Desa Malo Kecamatan Malo mengatakan, delapan gunungan akan di Kirab mulai dari SMP N Malo menuju lapangan Desa Malo yang diiringi oleh 3 drum band yang berasal dari siswa SD, MTs dan Madrasah Aliyah serta Reog Cipto Budoyo yang berasal dari Desa Sukorejo Kecamatan Malo.

“Delapan gunungan yang di Kirab tersebut berasal dari Pemerintah Desa (Pemdes) Malo, Kasepuhan Desa Malo, dan enam RW yang berada di Desa setempat. Ini Kirab Gunungan ke empat yang diselenggarakan oleh Pemdes Malo yang tiap tahunnya diadakan pada bulan Suro”, terang Tokoh Masyarakat atau Mantan Kepala Desa (Kades) Malo.

Eko Utomo menambahkan, tiap Gunungan yang di Kirab tersebut berisi hasil pertanian masyarakat setempat. Masyarakat merasa bersyukur atas anugerah dari yang Maha Kuasa atas hasil pertanian tahun ini yang dirasakan oleh masyarakat Desa Malo.

Pada kesempatan yang sama Kades Malo menerangkan bahwa Kirab Gunungan yang diadakan tahun ini dirangkai dengan pengajian dan pertunjukan kesenian Reog Cipto Utomo.

” Serta pemberian hadiah bagi pemenang lomba kegiatan Agustusan kemarin.”Terangnya.

banner