Kecamatan Ngasem Membangun Sinergitas Peningkatan SDM Aparatur

oleh

Reporter Eko Purnomo

_____________________
Lintasbojonegoro.com

BERTEMPAT dipendopo kecamatan,Ngasem, kamis 6/12/2018, berlangsung acara, Sinergitas peningkatan SDM Aparatur Pem-Des, dalam penyelenggaraan Tata kelola keuangan Desa. Dengan mendatangkan nara,sumber dari beberapa instansi .

banner

Camat Ngasem Machmuddin, AP.MM. Dalam kesempatan tersebut, selain memberikan ucapan selamat datang kepada para narasumber,serta pada para undangan, sekaligus secara resmi membuka acara yang,diikuti seluruh kades, sekdes, bendahara, ketua,BPD, 3 LPMD masih masing desa,,se-kecamatan ngasem. Bahwa dalam,waktu dekat sudah melaksanakan APBD tahun 2019, sementara desa desa se kecamatan ngasem belum mengalami, system siskeudes, dan baru di tahun mendatang. Oleh karena itu untuk menyingkrunkan pelaksanaan sebagaimana yang diharapkan pemkab Bojonegoro, sekaligus untuk mendukung vissi dan missi Bupati,Bojonegoro, maka pembekalan ini sengaja mendatangkan nara sumber dari berbagai unsur, yakni BPMPD, bidang,Hukum, Inspektorat, Kejaksaan, serta disaksikan oleh Kapolsek dan Danramil Ngasem.

Lebih lanjut, mantan,camat Sumberrejo, berharap , pada para peserta yakni pelaksana pem-des, benar benar memahami hingga,se-jelas-jelasnya, dan bila kurang faham, juga disediakan season tanya jawab.”Peningkatan SDM ini, guna dalam tata kelola keuangan, betul-betul faham dan bisa melaksanakan secara menyeluruh dan semaksimal, terutama dalam pengelolaan keuangan desa. Dikandung maksud disaat ada monitoring agar jangan sampai ada yang kesandung hukum, entah dengan jenis korupsi, suap maupun mark-up. Semua sudah baik, tetapi agar lebih mantap. Dengan berbagai narasumber yang ada kaitannya dengan,siskeudes maka akan tahu maka langkah yang benar dan mana yang termasuk ada unsur pelanggaran”, papar Camat Ngasem, dengan bijak.

“Dengan bisa melaksanakan dan,sinergy sesuai harapan masing masing dan tidak menabrak aturan yang berlaku,,maka kecamatan ngasem memiliki 17 desa ini, juga siap mendukung 17 program Bupati & Wakil Bupati Bojonegoro. Pembangunan yang strategis terutama insprastruktur jalan, dengan program yang poros kecamatan menuju kabupaten Coor, poros desa aspal, paving hanya lorong/gang masuk.
Kembali perihal dikandung maksud agar bila SDM mau ditingkatkan, maka kita ini sangat punya manfaat yang positive, dan mampu menyelesaikan segala persoalan, terutama perihal keuangan”, ulas Camat Ngasem.

Sedangkan dari Inspektorat, Syamsul. Menyampaikan perihal kewajiban kewajiban perihal pajak, termasuk mana yang wajib dibayar pajaknya dan mana yang tidak wajib ada pajak, serta wawasan kewajiban serta jenis apa untuk membangun tetapi tidak kena Pajak.

Sementara dari Kejaksaan , Lutfia, SH. Menyebutkan perihal perbuatan yang melanggar hukum, yang bisa terjerat berakibat terjadi pelanggaran hukum.

Demikian, pula narasumber lainnya yakni dari,Dinas,PMD Bianto, SE.bersama Riyono, serta pula dari Bidang Hukum ,pemkab Bojonegoro Agus Setiadi Rohman, SH. juga memberikan pembekalan bernuansa wawasan perihal tata kelola pemerintah desa, yakni berkaitan tentang kewajiban serta langkah yang tidak melanggar hukum.

Tanggapan beberapa kades, yakni memberikan langkah positive, sekaligus kades semakin faham, dan tak lagi grogi bila di desa kedatangan Inspektorat, kejaksaan. Karena kita faham mekanisme.

“Memang pak Camat dengan harapan beliau tadi, hasilnya positive, kades,perangkat desa (sekdes dan bendahara), LPMD, BPD, semakin tahu kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan, dan bukan hanya sebatas mengharapkan hak saja.”Sukses”***(Ekopurnomo).

banner