Kartu Tani Bisa Permudah Ambil KUR di BNI

oleh

Lintasbojonegoro.com – Selain sebagai sarana untuk menyalurkan subsidi pupuk dan bantuan non tunai dari pemerintah pusat. Ternyata kartu Tani juga bisa bermanfaat untuk hal lain.

Kartu Tani yang dikeluarkan oleh Bank BNI 46 itu bisa mempermudah para petani jika ingin mengambil kredit usaha rakyat (KUR).

Hal itu dikarenakan data petani sudah ada dalam setiap kartu yang mirip dengan kartu debit ATM tersebut.

banner

Pada prinsipnya fungsi Kartu Tani sama dengan kartu ATM, namun ada penambahan data alokasi pupuk dan nantinya alokasi subsidi non tunai kepada petani dari pemerintah pusat.

Kepala Cabang BNI 46 Bojonegoro Rachmat Muji Widodo mengatakan, sudah ada 94 ribu kartu Tani yang dibagikan.

Meski belum bisa digunakan dalam penyaluran pupuk, pihaknya menghimbau agar para petani memanfaatkan fasilitas KUR.

” Jadi masih bisa dimanfaatkan untuk ambil KUR,” Ujar Rachmat (10/08/2018).

Dalam hal pendataan, BNI 46 bekerjasama dengan dinas pertanian kabupaten Bojonegoro. Menurut Rachmat, Kendala yang dialami saat ini adalah masih seputar pendataan.

” Kita masih menunggu, karena data belum 100%, masih terus update dari dinas pertanian (Distan),” Jelasnya.

Jumlah petani di Bojonegoro diperkirakan sekitar 240 ribu jiwa. Saat ini sudah ada sekitar 156 ribu kartu Tani yang dicetak oleh BNI 46 cabang Bojonegoro, dan sekitar 94 ribu yang sudah dibagi ke para petani.

Dari jumlah penerima kartu Tani tersebut, ternyata pengajuan KUR masih tergolong rendah. Padahal BNI bisa mempermudah proses jika para petani ingin mendapatkan KUR.

banner