Karnaval Kecamatan Temayang Pukau Penonton

oleh

lintasbojonegoro.com – Ribuan warga berkumpul di beberapa titik di pinggir jalan raya Temayang, Kabupaten Bojonegoro, ketika matahari beranjak naik di atas ubun-ubun. Mulai dari kalangan orang tua, pemuda hingga anak kecil tumpah ruah dan bersuka cita untuk menyaksikan karnaval dalam rangka peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia, (27/8/2018)

Sedangkan peserta karnaval yang semula memenuhi lapangan, kemudian berangsur surut setelah diberangkatkan oleh Camat Temayang, Ir. Heri Widodo, M.Si pada pukul 14:00 WIB untuk menempuh rute yang telah ditentukan panitia. Sementara itu petugas dari Polsek dan Koramil Temayang sibuk mengatur lalu lintas agar karnaval berjalan lancar.

Karnaval kali ini diikuti siswa-siswi sekolah SMP/Tsanawiyah, SMA/SMK/MA di Kecamatan Temayang dan warga Kecamatan Temayang. Mereka menampilkan berbagai macam hiasan hasil kreasi mereka sendiri, mulai dari kostum Asean Game 2018, pakaian berbagai suku di Indonesia, seni budaya Nusantara, serta sosok Pahlawan pejuang kemerdekaan.

banner

Peserta karnaval ada yang berjalan kaki, juga ada yang mengendarai berbagai kendaraan yang sudah dihias sedemikian rupa. “Perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia semacam ini selalu dinanti oleh masyarakat. Menarik dan menimbulkan nilai perjuangan dan persatuan,” kata Endang Setyowati. Tontonan ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Mereka tersenyum, tertawa ketika menyaksikan aksi lucu peserta karnaval di pinggir jalan yang menjadi rute peserta karnaval.

Menurut Kapolsek Temayang, AKP Margono, peserta karnaval berjalan dari Lapangan Desa Belun menuju finish di lapangan desa Temayang. Pihaknya menerjunkan puluhan petugas untuk mengamankan serta mengatur arus lalu lintas saat karnaval berlangsung.

Sementara itu Ketua Panitia Karnaval, Yanto, menjelaskan, karnaval HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia kali ini mengambil tema “Bhinneka Tunggal Ika”. Pesertanya sebanyak 31 regu berasal dari siswa-siswi tingkat SMP SMA, dan umum. Sedangkan karnaval tingkat TK dan SD diselenggarakan pada hari Sabtu (25/08/2018). “Semoga Karnaval kali ini benar-benar bisa semakin menumbuhkembangkan rasa nasionalisme kita ,” terang Yanto.

Karnaval di Kecamatan Temayang ini benar-benar mendapatkan respon positif dari seluruh warga Kecamatan Temayang dan sekitarnya. Hal itu terlihat dari banyaknya penonton yang sengaja turun dari kendaraan untuk berfoto selfie dengan peserta.

Seorang warga, Fia (25), mengaku senang menyaksikan hiburan karnaval. Ia beserta teman-temannya selalu menyempatkan diri untuk menonton kreasi yang ditampilkan oleh para peserta. “Setiap ada karnaval, saya pasti menonton. Semoga kreasi yang ditampilkan dari tahun ke tahun lebih baik lagi,” pungkas Fia. (Aditya)

banner