Kapolres Bojonegoro Pimpin Apel Pasukan, Operasi Patuh Semeru 2018

oleh

LintasBojonegoro.com – Operasi Patuh Semeru 2018 dinyatakan berlaku secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 26 April hingga 6 Mei 2018, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya supaya pelaksanaan kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, Polres Bojonegoro melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2018 di Halaman Mapolres Bojonegoro, Kamis (26/04/2018).

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2018 dipimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, dengan dihadiri oleh Forpimda dan sebagai peserta Apel diantaranya dari anggota Polres Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro, Polisi Militer, Brimob Kompi C, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Mahasiswa dari Perguruan tinggi Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK MH MSi, dalam amanatnya membacakan amanat dari Kepala Korp lalu lintas Irjen Pol Drs Royke Lumowa, M.M yang menyampaikan bahwa permasalahan dibidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal itu sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). Modernisasi itu perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi.

“Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Promoter (profesional-modern-terpercaya),” ucap AKBP Ary Fadli.

Disampaikan pula oleh Kapolres, bahwa sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan membangun budaya tertib berlalu lintas.

“Kami Polri khususnya Polantas tidak bisa menangani sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya,” tutur Kapolres.

Sementara saat kami temui seusai memimpin Apel Gelar Pasukan, tujuan dari Operasi Patuh Semeru 2018 sendiri menurut AKBP Ary Fadli adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

“Dengan adanya Operasi ini kita harapkan terwujud situasi kamseltibcarlantas menjelang Ramadhan dan tahun 2018,” terang Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli.