Kamu Mau Menjadi Manajer Media Sosial? Ini Yang Harus Kamu Miliki

oleh

LintasBojonegoro.com – Sebelum membahas keahlian maupun sifat yang wajib dimiliki seorang madia sosial manager, mari kita bahas perbedaan antar keduanya. Keahlian atau skill adalah faktor terlihat yang benar-benar mampu kamu tunjukkan. Misalnya, HTML, PowerPoint, negosiasi kontrak, social media management, dan lain-lain. Mereka adalah hal hal-hal yang membutuhkan pengertian, produktivitas dan efisiensi hingga kamu disebut sebagai seorang ahli. Sedangkan sifat atau traits adalah hal-hal yang membuatmu menjadi dirimu dan mampu membedakan dari orang lain. Sebenarnya tidak ada yang bisa mengukur sifat ini sendiri karena ia bersifat subjektif.

Berikut 7 keahlian penting yang dibutuhkan seorang media sosial manajer :

1. Copywriting
Penulisan adalah keahlian mendasar yang wajib dimiliki di berbagai area marketing. Tanpa cerita yang menarik, akan susah untuk meningkatkan engagement maupun klik di unggahan media sosial. Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan menulis, salah satunya adalah teknik yang digunakan oleh Buffer, yaitu Before-After-Bridge.

Before — Ini yang ingin diinginkan

After — Bayangkan jika menyelesaikan sebuah masalah

Bridge — Begini caranya…

2. Design
Sebuah riset yang dilakukan oleh HubSpot, 43% konsumer ingin melihat lebih banyak konten video ke depannya. Konten media sosial yang menonjolkan visual dengan menampilkan gambar lebih banyak menarik engagement dari pembaca.

3. Public speaking
Dengan fitur aplikasi seperti Facebook Live, Instagram Live, dan Periscope, para marketers semakin tertarik dengan video live atau siaran langsung. Alasannya tentu karena live video menyediakan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens. Seorang media sosial manajer tentunya perlu memiliki kemampuan public speaking ketika ingin menggunakan live video. Karena keahlian public speaking tersebut dapat membantumu menyampaikan ide, mewawancarai tamu, menjawab pertanyaan tiba-tiba, dan ngobrol dengan followers secara langsung.

4. Customer service/community engagement
Sebuah survei yang dilakukan oleh SproutSocial menunjukkan bahwa masyarakat lebih memilih media sosial sebagai sarana untuk customer care. Community engagement juga termasuk kemampuan untuk menjawab pertanyaan mengenai produk, perusahaan, dan industrinya.

5. Behavioral psychology
Kemampuan menganalisa perilaku dapat memberikan pengertian mengenai alasan di balik audiens tertarik dengan unggahan tertentu. Sedangkan data dan analisa hanya memberitahu tipe unggahan seperti apa yang bekerja dengan baik.

6. Analytics
Seorang manajer media sosial mampu mengerti semua analisa dalam bentuk metrics dan merumuskannya menjadi performa media sosial perusahaan tersebut. Kemampuan untuk membaca dan menginterpretasi data adalah kemampuan yang wajib dimiliki seorang manajer media sosial.

7. Budgeting
Seorang manajer media sosial tentu akan diberikan alokasi dana untuk mengembangkan media sosialnya. Karena itu, dibutuhkan pengetahuan mendasar mengenai keuangan dan penganggaran.

Berikut 3 sifat pribadi seorang manajer media sosial yang hebat

8. Curiousity
Seseorang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi akan melibatkan dirinya pada trend terkini dan bereksperimen dengan beberapa strategi media sosial.

9. Adaptability
Kemampuan beradaptasi yang baik melengkapi keingintahuan tinggi. Ketika menemukan hal atau trend baru, mampu beradaptasi dengan cepat akan menjadikan dirimu berada di depan.

10. Business savviness
Seorang manajer media sosial yang mampu melihat dan mengerti peran media sosial di perusahaan akan bekerja lebih baik. Ia akan mengerti data mana yang paling berhubungan dan penting untuk bisnis.

 

 

Sumber : www.blog.bufferapp.com