kades Pragelan kec. Gondang, mendongkrak perekonomian warganya

oleh

Reporter Eko Purnomo

Iintasbojonegoro.com. Kreatif dan inovatif adalah langkah yang,ditempuh kades Pragelan dalam upaya peningkatan perekonomi warganya guna memperbaiki status desanya yang konon katagori desa Tertinggal.

Upaya upaya kades yang dulunya anggota TNI-AD aktif , Warji. Selain pengadakan normalisasi embung yang dengan estimasi mampu mengairi kebutuhan petani didesanya , disaat bercocok tanam bawang merah maupun padi. Juga mengadakan kerja sama dengan perum perhutani KPH Bojonegoro, yakni melalui LMDH wonoasri sudah 3 x melakukan PKS (perjanjian kerja sama), diwilayah RPH Pragelan U BKPH Deling dan RPH Gondang.”jenis tanaman sengon,solomon bisa dipanen 5 tahun. Untuk tahun pertama maupun ke 2, bisa tumpangsari polowijo . Intinya selain memberikan hasil juga pegiat penghijauan, dan juga pengaman tebing dari erosi. Selain sebagai penghasil oksigen. Dan kurun waktu dekat program yang masuk APB-des akan,segera tuntas. Walau sementara ini masih ada yang belum terselesaikan. Dan mendukung program yang sinergi dengan program kabupaten. Akan tetapi untuk jalan poros desa / poros kecamatan menuju tingkat kabupaten, tetapi masih sempit dan jalan berlubang. Padahal upaya pemerintahan desa yakni kami bersama perangkat dan warga sudah wellcome, pembebasan non ganti , untung atau ganti rugi, tapi itulah yang kadang warga menanyakan. Kapan pak inggi, jalan kita dibangun ?,” ungkap kades pragelan penuh,wibawa.

banner

Operator alat berat Sobron, menambahkan, untuk pengerukan, bila musim hujan hasilnya kerja berkurang 30-40 %, dari hari cuaca normal.

Camat Gondang H.Husnan, SH. MSi. Selain memberikan apresiasi pada kades pragelan Warji, juga memberikan jawaban bahwa perihal perbaikan jalan magelang, jikalau tahun 2019 tidak kebagian dana, yaa dikerjakan 2020. “Sudah kami konfirmasikan ke tingkat kabupaten, jawabannya begitu, pokoke sabar dhisik, sediluk engkas”. Pungkas camat yang gondang, dengan nada meyakinkan.###(ekopurnomo).

banner