Jumlah Pengangguran di Bojonegoro Terus Meningkat

oleh

Lintasbojonegoro.com – Jumlah pengangguran di kabupaten Bojonegoro terus mengalami trend peningkatan setiap bulanya. Tercatat dari bulan Maret hingga Juni 2018 ada penambahan sekitar 700 orang pengangguran baru di Bojonegoro.

Kepala bidang pengembangan dan penempatan tenaga kerja dinas perindustrian dan ketenagakerjaan (Perinaker) Bojonegoro Joko Santoso mengatakan, hingga bulan Juni 2018 ini angka pengangguran mencapai 24.387 Jiwa.

” Saat ini masih terus meningkat, bulan Maret ada 23.617 jiwa dan Juni naik menjadi 24.387,” Kata Joko Selasa (17/07/2018).

banner

Kata Joko, pengangguran baru ini di dominasi oleh lulusan sekolah maupun kuliah yang belum mendapatkan kerja.

Para pencari kerja tersebut tercatat karena mengurus kartu kuning di kantor dinas Perinaker Bojonegoro. ” Kalau tidak mengurus ya belum tercatat,” Ujarnya.

Menurutnya pemerintah sudah berusaha melakukan upaya pengurangan angka pengangguran meski belum signifikan.

Pada gelaran job fair Senin (16/07/2018) yang diadakan oleh pemerintah provinsi contohnya, diharapkan mampu menyerap sekitar 400 pencari kerja di Bojonegoro.

” Kalau pemkab Bojonegoro sendiri tahun ini juga belum memberikan anggaran untuk melakukan job fair,” jelasnya.

Pihaknya berjanji tahun 2019 mendatang dinas perinaker akan mengajukan 3 kali job fair dan pemberian pelatihan sertifikasi sebagai upaya untuk mengurangi jumlah Pengangguran di kabupaten Bojonegoro.(Red)