Ini Solusi Bagi Ribuan Pengangguran di Bojonegoro

oleh

Reporter : Nafik

Lintasbojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tidak tinggal diam untuk mengurangi angka pengangguran yang jumlahnya terus meningkat sepanjang tahun.

Melalui dinas perindustrian dan ketenagakerjaan (Perinaker), pemkab telah menyiapkan kebijakan untuk pengurangan angka pengangguran tersebut.

banner

Menurut Kabid pengembangan dan penempatan tenaga kerja dinas Perinaker Bojonegoro Joko Santoso, yang pertama pihaknya akan memberikan pelatihan sertifikasi bagi para pencari kerja tersebut.

Pelatihan ini diharapkan bisa menambah skill calon pekerja, sehingga bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

” Kita siapkan pelatihan sertifikasi, tentu berbeda antara yang memiliki sertifikat dan tidak,” Ujar Joko.

Pada tahun 2018 ini, meski tidak menggunakan anggaran APBD Perinaker bekerjasama dengan tiga perusahaan memberikan pelatihan sertifikasi. Hasilnya sebanyak 239 orang bisa terlatih dan memperoleh sertifikat keahlian.

Hal itu akan terus dilanjutkan pada 2019 mendatang. Serta akan ditambah kuota serta anggaran melalui APBD 2019.

Selain pelatihan sertifikasi, dinas Perinaker akan kembali memperbanyak job fair pada tahun 2019 mendatang. Pihaknya mengusulkan 3 kali job fair yang masih cukup efektif memfasilitasi para calon pencari kerja.

Joko melanjutkan, yang ketiga melakukan komunikasi dengan perusahaan diluar Bojonegoro. Untuk menyalurkan ribuan tenaga kerja jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan.

Pasalnya di kabupaten Bojonegoro sendiri, pertumbuhan industri padat karya masih minim. Sehingga penyerapan tenaga kerja tidak bisa maksimal.

” Belum ada industri padat karya baru, solusi kita carikan perusahaan luar.”Pungkasnya.(Nfk/Red)

banner