HMI Cabang Bojonegoro mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-57

oleh

Oleh : Rudi Hartono
Formateur Ketua Umum HMI Cabang Bojonegoro

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bojonegoro mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang ke 57 th. hari Pramuka adalah hari yang diperingati setiap tahun oleh seluruh Pramuka Indonesia yang bertepatan pada tanggal 14 Agustus dengan tujuan untuk mengingatkan kembali pada tujuan dan fungsi gerakan pramuka yaitu untuk kemajuan bangsa.

Meskipun secara formal gerakan ini lahir pada 20 Mei 1961, 14 Agustus dipilih sebagai hari pramuka karena pada tanggal tersebut di tahun 1961 diselenggarakan pawai besar-besaran gerakan pramuka untuk pertamakalinya di Indonesia.

banner

Anggaran Dasar Gerakan Pramuka menargetkan bahwa upaya dan usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka adalah diarahkan pada pembinaan watak, mental, emosional, jasmani, bakat, serta peningkatan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kepramukaan ialah proses pendidikan luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak.

Melihat uraian di atas, jelas bahwa kegiatan kepramukaan adalah kegiatan menarik yang dilakukan di alam terbuka. Kegiatan ini merupakan salah satu ciri khas pelaksanaan kegiatan Pramuka yang membedakan kegiatan tersebut dengan kegiatan di luar kepramukaan.

Di usianya yang ke 57 tahun saya berharap Gerakan Pramuka terus ditingkatkan guna mengasah keterampilan, inovasi, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta agar generasi penerus kita kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi.

Menurut saya Gerakan Pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme.

Jadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh-pengaruh negatif dan buruk agar generasi dan tunas-tunas bangsa tumbuh secara cemerlang
Selanjutnya gerakan Kepramukaan ditujukan untuk menjadi instrumen yang dibutuhkan para siswa, orang tua, sekolah, dan lingkungan sebagai tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat generasi muda secara positif.

Mari jadikan kepramukaan sebagai tempat belajar berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antarsesama, sehingga dapat terwujud bangsa yang berkarakter dan bermartabat sesuai dengan slogannya yaitu Pramuka Perekat NKRI
Salam Pramuka!!!

banner