Hadapi Dunia Global : IPNU – IPPNU Gelar Latin Dan Latpel

oleh

BOJONEGORO – Berangkat dari tanggung jawab organisasi sesuai proker (program kerja) bidang kaderisasi, serta menciptakan kader instruktur dan pelatih yang mumpuni, PC. IPNU-IPPNU Bojonegoro melaksanakan kegiatan pendidikan pengkaderan non formal melalui Latihan Instruktur (LATIN) dan Latihan Pelatih (LATPEL), di Kompleks Masjid Al-Birru Pertiwi, Dander.

Ketua pelaksana Afifudin mengatakan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 08 hingga 10 Februari 2019, dan diikuti oleh 30 kader pilihan melalui proses secreening dari PAC/PKPT se-Kab. Bojonegoro. Kegiatan ini selain diikuti oleh PAC/PKPT dari Bojonegoro, juga diikuti oleh kader berbagai lintas provinsi, mulai dari PC Cilacap, PC Tulungagung, PC Nganjuk, dan PC Kota Malang.

“Kegiatan ini merupakan kaderisasi non formal yang bertujuan mencetak instruktur/pelatih yang handal. Dan pesertanya merupakan kader-kader terbaik dan terpilih yang diutus,” ungkapnya.

banner

Dalam sambutannya, Sukron, Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Bojonegoro memaparkan bahwa banyak materi menarik yang dibahas dalam kegiatan ini. Diantaranya merumuskan strategi gerakan ke depa. “Melihat tugas dan tantangan kedepan yang sangat komplek maka IPNU dan IPPNU yang dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan dan trend tanpa kehilangan jati dirinya sebagai IPNU dan IPPNU,” tegas Sukron.

Sementara itu Ali Fahrudin, Pengurus Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur berpesan kepada peserta supaya benar-benar serius mengikuti semua materi dalam Latin (latihan instruktur) dan Latpel (latihan pelatih). “Kegiatan ini sebagai wujud peneguhan dan keseriusan dalam menjalankan proses kaderisasi non formal IPNU dan IPPNU,” katanya ketika memberi sambutan.

Dia mengungkapkan, Latihan Instruktur dan Latihan Pelatih adalah fase pengkaderan instruktur untuk membangun dan memperkuat basis pengkaderan. Alumni Latin dan Latpel setidaknya menjadi kader yang selalu siap mengabdikan dirinya untuk diterjunkan ke daerah-daerah untuk mengawal kaderisasi. Serta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengawal organisasi, mampu mengembangkan kualitas kepemimpinan, merancang strategi gerakan jangka pendek dan jangka panjang, memiliki kematangan dalam pengetahuan, sikap dan organisasi.

Dia berharap, Latin dan Latpel PC. IPNU-IPPNU Bojonegoro ini mampu menjadi alternatif jawaban untuk mengawal langkah jenjang kaderisasi tiap Pimpinan Cabang atau Pimpinan Anak Cabang. (Kang Zen)

banner