Gubernur Jatim Dorong Percepatan Pembangunan Desa Wisata

oleh -226 views

Reporter : Aditya Alif Nugraha

Editor : Kuzaini

LintasBojonegoro.com – Surabaya, Berbagai upaya terus dilakukan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk mendorong sektor pariwisata. Salah satunya dengan mengembangkan konsep desa wisata, terutama yang berbasis kearifan lokal. Melalui konsep ini diharapkan tidak hanya mendongkrak pariwisata namun juga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan.

banner

“Sangat banyak keunggulan yang dimiliki Jawa Timur yakni kearifan budaya lokalnya dan keindahan alamnya yang belum tereksplor. Untuk itu akan ada ruang dimana desa wisata ini bisa kita kembangkan,” kata Khofifah, sapaan lekat Gubernur Jatim usai meninjau pameran The 20th Majapahit International Travel Fair (MITF) di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, pengembangan desa wisata ini memiliki peluang, mengingat saat ini ada dana desa. Keberadaan dana desa yang jumlahnya besar menjadi pemicu dan pemacu untuk mendongkrak seluruh pertumbuhan baik ekonomi, budaya dan sosial di pedesaan. “Bagi Jawa Timur menjadi sangat penting, karena kebetulan provinsi ini disparitas antara kota dan desa lebar sekali, kalau kemiskinan di kota sebesar 6,9%, namun kemiskinan di desa mencapai 15,2%,” katanya.

Dengan adanya pengembangan desa wisata, Gubernur Khofifah meyakini akan tumbuh basis ekonomi pedesaan sehingga akan ada peningkatan percepatan kesejahteraan masyarakat desa. ***