Film Layar Lebar Berjudul Auto Biography Akan Digarap Bulan Juli Di Bojonegoro

  • Whatsapp

LintasBojonegoro.com – Sekitar 100 orang dari berbagai komunitas film di Kabupaten Bojonegoro disapa ramah oleh sutradara dan produser film yakni Makbul Mubarak dan Yulia Evina Bhara dalam sebuah acara diskusi dan pemutaran film bertajuk Strategi Produksi Dan Permodalan Film, di Joglo Coworking Space, Sabtu (11/1/2020).

“Pertemuan komunitas film Bojonegoro dengan Mbak Yulia Ebe (panggilan Yulia Evina Bhara) dan Mas Makbul ini merupakan pertemuan yang kedua. Pertemuan pertama dilakukan pada Mei 2019, tempatnya juga di Joglo Coworking Space,” kata Kang Zen pegiat komunitas film sekaligus pengelola Bojonegoro East Java Film Festival (Bejaff).

Muat Lebih

Menurut Kang Zen, kedatangan Makbul Mubarak dan Yulia Evina Bhara ke Bojonegoro sebenarnya untuk melakukan pendalaman lokasi-lokasi yang akan dijadikan take per adegan film layar lebar berjudul Auto Biography. Namun kemudian didaulat oleh berbagai komunitas film untuk berbagi ilmu dalam forum diskusi dan pemutaran film.

Makbul Mubarak dalam diskusi strategi produksi dan permodalan film, mengatakan, ada sepuluh langkah yang harus ditempuh dalam produksi sebuah film, yakni menyiapkan ide cerita, sinopsis, naskah (skenario), pembiayaan, pra-produksi, produksi, pasca-produksi, distribusi, ekshibisi, dan apresiasi. “Jika sepuluh persyaratan ini sudah ready maka proses produksi film bisa segera dilakukan,” kata Makbul Mubarak.

Sementara itu Yulia Evina Bhara menambahkan, ada beberapa cara untuk membiayai produksi film. Yakni dari dana pribadi, dukungan sponsor atau bantuan dari lembaga pemerintah, baik pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat.

“Setiap tahun pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi bantuan produksi film bagi komunitas film dari seluruh Indonesia. Jadi teman-teman komunitas film bisa mengajukan proposal ke sana,” ungkap Yulia Evina Bhara.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Bojonegoro, Agus Supriyanto, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk produksi film pendek dan film panjang berskala nasional dan internasional. “Kami telah menyiapkan berbagai peralatan penunjang produksi film bagi komunitas-komunitas film di Bojonegoro. Semua boleh memakai setelah melalui prosedur yang telah disepakati,” tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) yang membidangi 16 subsektor industri kreatif ini.

Menurut Agus Supriyanto, Disperinaker ami telah membuat tagline demi suksesnya produksi film di Bojonegoro. Yakni Shooting Film Lancar Daerah Tenar.

Yulia Evina Bhara dan Makbul Mubarak berencana menggarap film berjudul Auto Biography pada Juli 2020. Ada empat belas lokasi yang dilirik menjadi take shooting film, masing-masing berada di Kecamatan Kapas, Kecamatan Bojonegoro, Kecamatan Gondang dan Kecamatan Sekar. Sedangkan aktor yang bakal membintangi film ini yakni Arswendi Nasution.

Menurut Makbul Mubarak, ada sekitar 600 orang yang akan terlibat dalam pembuatan film berjudul Auto Biography. Rinciannya sebanyak 500 orang berasal dari Bojonegoro dan selebihnya dari Jakarta serta luar negeri. “Ada juga bule dari enam negara yang akan terlibat dalam pembuatan film Auto Biography,” kata Makbul Mubarak.

Reporter : Sayyidah Aisyah

Edior : Kuzaini

Pos terkait