Festival Blimbing Ngringinrejo

oleh

Reporter Eko Purnomo

Lintasbojonegoro,com — Ribuan Orang ikut memeriahkan Festival Blimbing Ringinrejo Kec.Kalitidu (11-11-2018), dibuka oleh,Plt.Sekkab Bojonegoro, Yayan Rahman, AP.MM.

Kemarin (minggu 11-11-2018) merupakan hari berkah bagi yang datang yang memang,rejekinya, yakni masyakat diperbolehkan membawa blimbing secara gratis bila berhasil merebut blimbing baik di gunungan diam maupun blimbing gunungan raksasa yang dilempar bebas oleh panitya. Bahkan selain blimbing , petani blimbing juga membagi bagikan 1000 nasi bungkus pada pengunjung yang hadir dan yang mau.

banner

Pj.kades Ngringinrejo, SH.MM. Dalam laporannya seusei mengucapkan ucapan Selamat,Datang pada,Plt. Sekkab Bojonegoro bersama rombongan, termasuk para pengunjung, kasi pem kecamatan kalitidu tersebut, juga mengatakan bahwa festival Belimbing ini merupakan,agenda tahunan yang rangkai acara hari jadi kabupaten Bojonegoro.

Camat Kalitidu Muchlisin,SSTP.MM. Menambahkan bahwa ,acara festival Blimbing ini selain sudah menjadi agenda tahunan sejak adanya kebun blimbing di ngringinrejo, ini merupakan bagian dari wujud rasa, syukur, maka masuk pula dalam,rangkaian hari ini, berkatan berupa nasi bungkus itu,swadaya dari warga yang punya kebun, dan partisipasi dari yang tidak punya kebun, tetapi ikut mensyukuri desanya dikenal oleh masyarakat luas, juga ada.

Plt.Sekkab Bojonegoro Bojonegoro, Yayan Rahman, AP.MM. Dalam kata sambutannya yang disaksikan, dan didengar ribuan pengunjung di halaman Parkir timur samping Gapura timur, Sekkab yang pernah menjabat,sebagai camat Kalitidu tersebut, berpesan agar kebersamaan yang,sudah berjalan dengan baik ini harus dijaga. Dengan guyup rukun serta berbaik sangka satu sama lain itu lebih penting dalam upaya sama sama mengais rejeki dalam hal ini pembudidayaan Blimbing. Sinergy pedagang, pemilik kebun,,petugas, termasuk tukang parkir, harus bisa memberikan,service pada pengunjung dengan ramah, termasuk bersaing jualan dengan cara sehat. Saling tegur dan mengingatkan, bukan,saling menjatuhkan. Perlu diketahui juga memang festival Blimbing selain Blimbing Ngringinrejo tetapi juga blimbing dari desa Mojo, yang merupakan tetangga desa.”Apa yang sudah baik ini tinggal meningkatkan, rasa manis, berbuah tanpa mengenal musim, tingkat kerukunan pedangan bagus dalam penentuan harga, hal ini perlu kita beri,apresiasi.”produk blimbing ini selain dijual berupa blimbing utuh, juga diproduksi jadi minuman bentuk kemasan, kripik blimbing, dodol blimbing, selay blimbing. Termasuk sambel untuk rujak. Cirikhasnya rasa manis, harga terjangkau, pelayanan,ramah”, ulas pak,Sekkab Bojonegoro Yayan Rahman, AP.MM. Yang sudah hafal karakter rasa Blimbing wilayah kalitidu, terutama ngringinrejo dan mojo.

Dari dinas pertanian, Lu’lu AM. Menyebutkan, bahwa di festival ini, pengunjungnya membludak banyak, bukan dari bojonegoro,saja, tetapi dari,Tuban, blora, Alhamdulillah panitia ‘ready’, walau sesering mungkin mengingatkan jalur lewat, sesering mungkin mengingatkan”, maaf, lewatnya samping itu lho”.

“Hari ini pengunjung di area timur 12 x lipat hari biasanya. Alhamdulillah rejeki hari ini bisa dikatakan berlipat lipat, bisa dikatakan banyak lakunya kelarisan, yaa blimbingnya, es , pentol, aneka jajanan. Disini pedagange rukun-rukun. Semua menyadari bahwa rejeki itu ada yang membagi.”, kata mbak Mar, dengan ramah memberikan kresek gratis bagi pengunjung yang ikut bawa oleh oleh belimbing dari Gunungan,blimbing.***(Ekopurnomo).

banner