EMCL dan LPPM Unigoro Sosialisasikan Program Sekolah Lapangan Pertanian

oleh
Foto Sosialisasi Program Sekolah Lapangan Pertanian Ke-2

LintasBojonegoro.com – Bekerja sama dengan Exxon Mobile Cepu Limited (EMCL), Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro (Unigoro) selenggarakan Sosialisasi Program Sekolah Lapang Pertanian (SLP) ke 2 di Pendopo Kec. Gayam, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur (11/12/2017).

Ketua Yayasan Suyitno Arif Januarso, sekaligus Manager program SLP memaparkan tujuan dari program SLP ke 2 ini adalah untuk mewujudkan petani cerdas yang mampu mengelola pertanian secara optimal. Di samping itu, tujuan dari program ini juga untuk penguatan kelembagaan taruna tani dan meningkatkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan peserta SLP.

Kegiatan program SLP diantaranya meliputi penguatan kelembagaan taruna tani, pengenalan dasar–dasar pertanian, motivasi petani muda, hidroponik, optalisasi pekarangan, adopsi introduce species, usaha pertanian produksi, pemanfaatan limbah peternakan untuk pupuk organik, serta pengelolaan website mereka.

Jenis dari kegiatan program ini meliputi, kunjungan kelapangan dengan cara petani dan taruna tani akan diajak belajar ke desa Lain yang memiliki pertanian yang lebih maju. Kegiatan tersebut diantaranya pembuatan dapog, pembuatan booster padi, pembuatan pupuk organik, dan pembuatan biopori sawah.