Dirjen Badan Peradilan Umum MA RI Apresiasi Kinerja PN Bojonegoro

oleh -468 views

Reporter Dian

Lintasbojonegoro.com — Tim Dirjen Badan Peradilan Umum (Badilum) MA RI melaksanakan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri kelas IB Bojonegoro pada Kamis (17/01/2019) pukul 14.00 wib. Dalam kunjungan tersebut mereka menyampaikan apresiasi kinerja PN Bojonegoro yang tergolong sudah bagus, dan merupakan salah satu PN dengan pelayanan terbaik di Indonesia.

” Kami disini melakukan pembinaan, kami lihat secara keseluruhan bagus, adapun kekurangan beberapa namun tidak mendasar,” Kata Direktur Teknis Haswandi usai melakukan kunjungan.

banner

Dalam kunjungan kerja tersebut hadir pula
Ketua PT Jatim Abdul Kadir, Sekretaris Dirjen Wahyudin, Direktur Teknis Haswandi, Direktur Administrasi Lisa, Direktur Tata laksana Mieke.

Kedatangan para petinggi Mahkamah Agung RI tersebut disambut hangat oleh para Hakim dan pegawai dilingkungan PN Bojonegoro.

Satu persatu bagian di kantor PN Bojonegoro disidak oleh Tim dari dirjen Badilum MA. Mulai dari PTSP, bagian Pidana hingga Perdata.

Tim melakukan pemeriksaan administrasi dari PN Bojonegoro, saat ditemukan adanya kekurangan mereka langsung melakukan pembinaan secara langsung.

Hal itu agar mudah diingat dan bisa dilakukan perbaikan secara langsung. ” Kalau saya panggil langsung dan ingatkan disini ingatnya lama, beda dengan di pelatihan bisa langsung lupa,” Imbuh Haswandi.

Adapun beberapa hal yang masih menjadi koreksi PN Bojonegoro adalah di di bagian PTSP yang belum melakukan check list, perlu ditambahkannya jam pelayanan, dan pembinaan berkala.

di Bagian Pidana, belum adanya paraf dari hakim saat adanya putusan yang keluar. Hal itu untuk menghindari pemalsuan dokumen putusan yang bisa dilakukan oleh oknum.

di bagian Perdata, juga ditemukan kurangnya pengawasan dari pengawas untuk melihat berapa jumlah perkara, serta administrasi dokumen yang masih belum rapi (belum dijilid).

Haswandi menegaskan dalam kunjungan kerja ini Tim dari dirjen Badimum MA RI berharap agar pelayanan dari setiap PN bisa terus ditingkatkan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu untuk ruang tahanan perlu dipindah dibagikan belakang agar tidak dekat dengan ruang sidang. Ruangan ibu menyusui terlalu luas, serta ruang tunggu anak.

Humas PN Bojonegoro Isdariyanto SH,MH menyampaikan bahwa PN Bojonegoro merupakan PN yang sering disebut dirjen sebagai salah satu pengadilan terbaik di Indonesia.

Ia berharap dalam pembinaan ini pihaknya bisa melakukan perbaikan kembali. Agar
Predikat A Excellent yang sudah diraih bisa dipertahankan.

” Dan semoga bisa ditingkatkan untuk pencapaian nilai reformasi birokrasinya,”Ujarnya.